Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat mendampingi Kasdam III Siliwangi Brigjen Wuriyanto, pada pembukaan Pameran Alutsista, foto Deni

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat mendampingi Kasdam III Siliwangi Brigjen Wuriyanto, pada pembukaan Pameran Alutsista, foto Deni

Gapura Purwakarta ,- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 71 dan Pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) Kodam III Siliwangi berlangsung di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat  sebagai tuan rumah helaran TNI tersebut.

Pameran Alutsista milik Kodam III Siliwangi secara  resmi di buka langsung Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Wuriyanto didampingi Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sebagai tuan rumah di lapangan Sahate Kabupaten Purwakarta, Senin (3/10/2016).

Warga masyarakat Purwakarta tampak dengan antusias turut serta menyaksikan kegiatan tersebut. Mulai dari kalangan pelajar, hingga masyarakat umum lainnya dapat melihat dengan jelas dari dekat berbagai jenis kendaraan militer yang akan dipamerkan selama tiga hari mulai Senin tanggal 3 hingga  5 Oktober 2016 mendatang sebagai puncak peringatan HUT TNI ke 71.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan besarnya antusias masyarakat Purwakarta menyaksikan helaran tersebut terjadi karena kecintaan warga masyarakat terhadap Korps TNI yang semakin besar.

Menurutnya  secara emosional ikatan sejarah antara TNI dengan rakyat sama sekali tidak bisa dinafikan. Pada masa perang mempertahankan kemerdekaan kata Dedi tentara dan rakyat berjuang bersama-sama melawan sekutu yang ingin merongrong kedaulatan Negara dan bangsa Indonesia.

“Saya kira ini bukti mereka cinta pada TNI. Masyarakat terlihat bahagia karena bisa melihat dan menaiki kendaraan tempur. Ini juga bentuk realitas kemanunggalan TNI bersama rakyat yang sudah terjalin sejak perang mempertahankan kemerdekaan. Lihat saja hari ini kalau ada tentara latihan, pasti anak-anak sekolah berhamburan keluar kelas untuk melihatnya,” Ungkap Dedi disela-sela pembukaan kegiatan pamrena Alutsista tersebut.

Pameran Alutsista ini, lanjut Dedi  juga dijadikan momentum oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk menanamkan jiwa keprajuritan kepada pelajar di wilayahnya. Para pelajar yang datang ke lokasi acara terlihat bukan saja melihat kendaraan tempur melainkan juga  mencatat seluruh nama dan fungsi dari alat tempur yang dipamerkan.

“Kami undang pelajar untuk melihat pameran Alutsista, melalui Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora), karena ini momentum menanamkan pendidikan aplikatif kepada mereka, pendidikan keprajuritan, ada nilai nasionalisme yang kuat disana. Mereka bisa mengetahui fungsi TNI bukan sekedar untuk pengamanan Negara tetapi ada juga fungsi pembangunan,”Tuturnya.

Selain pameran Alutsista, puncak peringatan HUT TNI Ke 71 tingkat Kodam III Siliwangi yang dipusatkan  di Kabupaten Purwakarta tersebut, juga akan menggunakan Taman Pesanggrahan Padjadjaran sebagai lokasi upacara puncak peringatan pada Kamis 5 Oktober 2016 mendatang.

Sementara itu, Kasdam III Siliwangi Brigjend Wuriyanto mengungkapkan alasan terpilihnya kabupaten Purwakarta menjadi lokasi pameran dan puncak peringatan HUT TNI Kodam III Siliwangi, karena Purwakarta meraih penghargaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dari Kepala Staf TNI AD.

Menurut Jenderal bintang satu ini, antusiasme masyarakat Purwakarta terhadap TNI sangat besar. Hal ini sudah tercermin dari beberapa kesuksesan pembangunan yang melibatkan TNI dan masyarakat di Kabupaten Purwakarta.

“Kita memilih Purwakarta karena masyarakat yang meminta, beberapa pembangunan disini sukses karena kerjasama TNI dan masyarakat. Ini bentuk rasa terima kasih Kodam III Siliwangi kepada masyarakat Jawa Barat khususnya masyarakat Purwakarta,”Tukasnya.***Deni

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com