suasana lokasi bekas genangan banjir gambar dari udara, foto istimewa

suasana lokasi bekas genangan banjir gambar dari udara, foto istimewa

Gapura Garut ,- Keprihatinan sejumlah kalangan di Garut atas peristiwa banjir bandang yang telah memporak porandakan sejumlah permukiman disepanjang bantaran sungai Cimanuk diwilayah perkotaan Garut, membuat para penggerak dan aktifis lingkungan setempat segera melakukan berbagai langkah.

Menurut Kordinator Aliansi Cimanuk Wa Retno menyebutkan pihaknya yang merupakan gabungan dari sejumlah kekuatan di Garut terutama para aktifis dan penggilat lingkungan ingin menegaskan keprihatinan dengan kepedulian untuk segera melakukan percepatan pemulihan akibat banjir tersebut.

“Saya mengajak seluruh komponen yang ada di Garut utuk bersama-sama fokus pada upaya atau gerakan pemulihan baik bersama-sama melalui Aliansi Cimanuk ataupun melalui wadah dan komunitas masing-masing. Agar nasib para korban dapat kembali seperti semula tanpa ada trauma psikologis,” Kata Wa Retno, Kamis (6/9/2016).

Wa Retno menegaslan Aliansi Cimanuk akan mendorong upaya penegakan hukum agar siapapun para perusaka lingkungan segera ditindak serta mendorong upaya-upaya penyehatan kembali kawasan melalui gerakan penghijauan dan reboisasi yang benar.

“Selebihnya kita mendorrong pemerintah Kabupaten Garut segera melakukan penangan pasca bencana melalui rehabilitasi dan rekonstruksi serta memulihkan psikologi warga terdampak,”Ungkapnya.

Langkah awal yang dilakukan Aliansi adalah melalui kegiatan istigotsah bersama keluarga besar DKM mesjid Agung Garut  untuk bersama-sama berdoa dan meminta keselamatan, kebaikan untuk seluruh warga Kabupaten Garut serta bentuk permohonan ampunan atas segala kekhilapan, serta dosa-dosa kita terhadap alam serta sesama dengan berbagai kemaksiatan dan kesemena-menaan.

“Kegiatannya akan kita laksanakan hari Jumat 7 Oktober 2016 besok, semoga akan mampu menggugah kesadaran akan pentingnya memelihara dan melesatarikan alam sebagai salah satu tugas kita umat manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini,” Tuturnya.

Wa Retno juga mengajak seluruh warga Garut untuk bersama-sama menghadi kegiatan istigotsha yang digelarnya bersama DKM Mesjid agung mulai  pukul 10.00 WIB hingga waktu sholat jumat dengan tausyah dan doa oleh KH. Tantowi Djauhari.

“Mari bersama-sama dengan niat tulus kita meaksanakan doa bersama di Mesjig Agung Garut yang akan dipimpin KH. Tantowi,”Tukasnya.***Reza

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com