Ini dia macan Tutul hasil tangkapan warga Cikupa, kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis, foto Dedi

Ini dia macan Tutul hasil tangkapan warga Cikupa, kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis, foto Dedi

Gapura Ciamis ,- Warga Kampung Cikupa, Kecamatan Lumbung, kabupaten Ciamis kembali berhasil menangkap seekor macan tutul  jantan  dengan menggunakan perangkap kandang besi yang dipasang warga menyusul keberadaan macan tutul tersebut kerap kali memasuki perkampungan warga.

Binatang yang tergolong buas ini merupakan salah satu penghuni gunung Syawal yang belakangan  sangat meresahkan warga karena  seringkali memangsa hewan ternak milik warga.

Macan tutul dewasa hasil tangkapan warga ini tampak  agresif saat didekati warga.  Binatang dengan  nama latin “Panthera Pardus” ini berhasil masuk perangkap  saat akan memangsa ternak ayam yang berada di belakang rumah warga pada Rabu 5 Oktober 2016.

“Kami resah dengan banyaknya macan tutul ini yang terus memangsa hewan ternak milik kami,” Dedi salah seorang warga yang mengaku sempat kehilangan ternaknya karena dimangsa macan tutul tersebut, Kamis (6/10/2016).

Menurutnya, teror kawanan binatang buas tersebut sudah dirasakan warga semakin menjadi-jadi  sejak tiga bulan terakhir ini.

“Sudah  puluhan ternak ayam milik warga disini  hilang dimangsa kawanan yang turun kepermukiman kami,” Sebutnya.

Berdarkan keterangan sejumlah warga  macan tutul  yang berhasil ditangkap tersebut memiliki ukuran panjang  lebih dari satu meter dan diperkirakan berumur 2 tahun.

Warga sekitar lokasi penangkapan terus berdatangan ingin menyaksikan dari dekat keberadaan macan tutul tangkapan warga tersebut.

Kondisi macan tutul masih cukup baik dan tidak ditemukan luka dibagian tubuhnya,  namun banyaknya warga yang mendekati kandang macam tersebut membuat macan  terlihat stress dan terus meraung.

Atas penangkapan macan tutul tersebut pihak  warga desa Cikupa sedang berkoordinasi dengan BKSDA  Ciamis terkait rencana evakuasi terhadap macan tutul tersebut. Sebelumnya beberapa macan tutul dari kawasan gunung syawal yang berhasil ditangkap warga sempat direhabilitasi  ditempat penangkaran satwa langka di Taman Satwa Cikembulan Kabupaten Garut.***Dedi Kuswandi

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com