Salah satu Ruas jalan yang tergendang Banjir di Kabupaten Ciamis-Pangandaran, foto istimewa

Salah satu Ruas jalan yang tergendang Banjir di Kabupaten Ciamis-Pangandaran, foto istimewa

Gapura Ciamis ,- Banjir bandang yang melanda Kabupaten Ciamis pada Minggu 9 Okoter 2016 malam membuat ribuan rumah dan fasilitas umum terendam dan mengalami kerusakan mulai rusak ringan sedang hingga berat.

Selain menggenangi kawasan pemukiman warga, banjir juga menutup sejumlah ruas jalan raya hingga menggangu aktifitas lalu lintas. Sejumlah ruas jalan juga sempat tertutup longsoran tanah.

Jalan yang tertutup longsoran tanah salah atunya terjadi diruas jalan raya Pamarican tepatnya di Dusun Golempang, Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Sedikitnya  dilaporkan ada 11 titik lokasi longsor  dengan material tanah  menutup sebagian  badan jalan.

Camat Pamarican Yusup Maolana menyebutkan longsoran yang menutupi sebagian ruas jalan tersebut akibat derasnya curah hujan  yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis termasuk Kecamatan Pamarican.
“Akibatnya  arus lalu lintas menuju arah Cikupa dan sebaliknya harus tersendat,” Kata Yusuf kepada wartawan Senin (10/10/2016).

Yusuf mengingatkan para pengguna kendaraan yang hendak melintasi kawasan tersebut  agar berhati-hati karena kondisi jalanan sangat licin akibat tanah longsoran yang masih menempel di badan jalan sisa-sisa pembersihan.

Sedikitnya dua unit alat berat telah dikerahkan pihak pemerintah Kabupaten Ciamis untuk membersihkan material longsoran tanah dibeberapa lokasi logsor.

“Memang membutuhan waktu cukup lama untuk membersihkan material longsoran tanah tersebut karean jumlahnya cukup banyak,” imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Ciamis juga mewaspadai kemungkinan adanya longsor susulan maupun banjir karena intensitas curah hujan masih cukup tinggi.***TGM

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com