Hemi-Budiman1-300x199 PERISTIWA  Rumah Zakat Mulai Bangun Rumah Bagi Korban Banjir Garut

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman bersama CEO Rumah Zakat Nur Efendi saat Peletakan Batu Pertama, foto jmb

Gapura Garut ,- Rumah Zakat (RZ) mulai membangun rumah bagi korban banjir bandang Garut. Pembangunan rumah tapak untuk tahap petama sebanyak 10 unit ditandai peletakan batu pertama olen Wakil Bupati Garut Helmi Budiman.

RZ selain memberi bantuan 10 unit rumah tapak juga akan memberi bantuan usaha bagi warga korban banjir  yang usahanya terputus akibat bencana banjir yang terjadi pada 20 September 2016 lalu.

CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, mengatakan pihaknya akan terus berkomunikasi dengan Pemkab Garut terkait sejumlah program yang digulirkan bagi warga korban banjir Garut tersebut.

“Ini kita membangun 10 unit rumah dengan nilai perunit mencapai Rp.75 juta rupiah dan ini masih mungkin terus bertambah. Kata juga akan memberi bantuan usaha kepada warga. dengan memberdayakan potensi ekonomi warga hingga bisa mandiri. Kemarin saya dengar banyak yang kerja di Terminal, Tapi karena banjir tak bisa usaha lagi. Kami juga butuh dukungan pemerintah untuk pemberdayaan kepada warga ini,”Kata Nur Efensi saat mendampingi Wabup Garut dalam peletakan batu pertama rumah tapak di Kampung Pananggungan, Kelurahan Lengkong Jaya, Kecamatan Karangpawitan, Rabu (2/11/2016).

Nur Efendi menyebutkan animo masyarak secara luas sangat besar terhadap bencana banjir bandang Garut. “Bersyukur kita hidup di Indonesia negara yang warganya sangat peduli terhadap nasib sesama. Dana pembangunan rumah petak ini berasal dari para dermawan serta CSR sejumlah perusahaan sebagai Donatur Rumah Zakat,”ungkapnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan taraf ekonomi korban banjir, lanjut Nur Efendi, pihaknya juga akan memberi bantuan modal dan pelatihan. Warga akan terus dibimbing oleh petugas Rumah Zakat untuk bisa hidup sejahtera.

“Sejak banjir terjadi kami sudah fokus untuk membantu Garut. Mulai dari membantu membersihkan 500 rumah dan perbaikan infrastruktur lainnya,” ucapnya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyampaikan apresiasinya terhadap upaya Rumah Zakat yang telah banyak berbuat dalam membantu korban banjir di Garut.

“Saya sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih dimana Rumah Zakat sudah sejak lama banyak membantu warga Garut, tidak hanya saat bencana banjir ini tetapi jauh sebelumnya banyak program di Garut yang telah dilakukan,”Tegas Helmi.

Helmi menyebutkan sudah ada 121 unit rumah yang akan dan sedang dibangun oleh sejumlah lembaga bantuan kepedulian. “Sebelum ini ada Qatar Charity yang juga telah melakukan hal yang sama membangun sejumlah unit rumah tapak. Sampai saat ini sudah ada 121 unit rumah tapak,”ucapnya.

Helmi optimis seluruh warga korban banjir akan segera mendapatkan rumah tinggal yang layak sesuai peruntukan dan hak hak yang dimiliki sebelumnya.***Jmb

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang