PERISTIWA

Warga Purwakarta Bersihkan Eceng Gondong Waduk Jatiluhur

Inilah sebagian besar eceng gondok yang menutupi waduk Jatiluhur, foto Deni
Inilah sebagian besar eceng gondok yang menutupi waduk Jatiluhur, foto Deni

Gapura Purwakarta ,- Paguyuban Pembudidaya Ikan (PPI) Keramba Jaring Apung (KJA) Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, termasuk di dalamnya Paguyuban Maju Bersama (MBs), melakukan aksi bersih-bersih eceng gondok di perairan Waduk Jatiluhur. Minggu (13/11/2016).

Aksi bersih-bersih tersebut juga melibatkan warga dan Karang Taruna setempat, serta dibantu personel Satpol Air Polres Purwakarta, Polsek Jatiluhur, dan Babinsa Koramil 1905 Jatiluhur.

Upaya tersebut dilakukan menyusul ledakan populasi tanaman bernama latin Eichhornia Crassipes tersebut sudah dalam kondisi memprihatinkan karena terus tumbuh subur menutupi permukaan air.

“Jatiluhur darurat eceng gondok sebab ebagian permukaan air Waduk Jatiluhur sudah tertutupi eceng gondok. Kondisi itu membuat akses lalu lintas perahu terhambat. Bahkan, dari tepi danau untuk sampai ke tengah memerlukan waktu hingga 2 jam. Boros waktu dan bahan bakar.” Kata Ketua Petani KJA Zona II Dede Mulyana.

Menurut Dede, perahu-perahu yang melintas pun mesti menyibak tumpukan tumbuhan air tersebut. Akibatnya laju  para pengemudi perahu terpaksa harus melambatkan laju perahunya.

“Sudah berbulan-bulan eceng gondok tumbuh subur. Namun sebulan terakhir ini populasinya semakin banyak, karena itu kita berinisiatif melakukan bersih-bersih.” Ujarnya.

Sebagai tahap awal pembersihan, kata Dede, ada tiga titik yakni Pelabuhan Biru, Tanggul Kayat dan Ubrug di mana ketiga titik tersebut berada di wilayah Kecamatan Jatiluhur.

“Aksi bersih-bersih ini melibatkan 200 perahu dengan total jumlah warga yang terlibat sebanyak 400 orang.”ucapnya.

Dede mengapresiasi seluruh warga yang terlibat dan secara sukarela menyumbangkan tenaganya pada aksi tersebut. “Ada dari pihak PJT II, namun hanya memantau saja. Saya dengar Senin besok juga akan ada aksi dari PJT.”Tuturnya.

Dede juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satpolair Polres Purwakarta yang telah menurunkan 10 personelnya termasuk satu unit truk untuk megangkut eceng gondok.

“Alhamdulillah semua bekerjasama secara sukarela. Kedepan akan ada lagi aksi serupa, rutin bisa seminggu sekali atau lebih hingga eceng gondok ini bias teratasi.”Tandasnya.

Dede juga meminta kepada berbagai pihak terkait seperti dari Dinas Lingkungan Hidup dan Disnakkan untuk turut peduli dan memberikan bantuannya.  “Bisa dengan menurunkan personelnya atau menyediakan truk untuk mengangkut eceng gondok. Yang pasti kita berkerja secara bersama-sama mengatasi eceng gondok ini,”Pungkasnya.***Deni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *