IMG-20161215-WA0005-300x225 PERISTIWA  Dandim Ciamis, Makan Nasi Liwet Bersama Ribuan Warga

Sebelum makan nasi liwet bersama dilaksankan apel terlebih dahulu, foto Dedi

Gapura Ciamis ,- Ribuan warga dari berbagai elemen mulai  pelajar, santri dan sejumlah ormas mengikuti acara tradisi makan nasi liwet bersama atau lebih dikenal dengan botram (dalam bahasa sunda-red).

Makan nasi liwet bersama tersebut  lakukan lapangan  dekat  monumen penyelamatan panji siliwangi di dusun Cirikip Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan kabupaten Ciamis, Kamis (15/12/2016).

Monumen penyelamatan panji  sengaja dipilih sebagai lokasi karena merupakan salah satu tempat yang memiliki nilai sejarah tertinggi di Jawa Barat dalam sejarah perjuangan kemerdekaan  khususnya bagi Tentara Nasional Indonesia.

Menikmati nasi liwet yang disajikan diatas daun pisang yang disusun beberapa baris dan dimakan secara bersama sama saling berhadapan. Sebelumnya  seluruh peserta  melakukan doa bersama terlebih dahulu kemudian  langsung menyantap  dengan suka cita nasi liwet lengkap  lauk pauk meski disajikan sangat  sederhana.

Selama acara makan massal nasi liwet berlangsung sejumlah santri yang mahir memainkan musik marawis tampil mengiringi kegiatan makan bersama sehingga terasa suasana sangat penuh dengan kekeluargaan dan keakraban.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf. Slamet mengatakan acara makan nasi liwet yang diikuti oleh ribuan warga tersebut sengaja di gelar bertujuan guna mempererat tali silaturahmi.

“Tujuan ini semua untuk menjalin kebersamaan dengan warga  di wilayah Kabupaten Ciamis,  Kota Banjar dan kabupaten Pangandaran,” Kata Letkol Inf Slamet kepada wartawan disela-sela kegiatan tersebut.

Menurutnya  acara tersebut juga sebagai upaya untuk terus memupuk kebhinekaan dan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesaia dalam bingkai NKRI.***Dedi Kuswandi

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang