Gapura Ciamis ,- Petugas SAR dibantu warga  masyarakat berusaha mengevakuasi jasad seorang warga yang mengambang setelah terjatuh ke dalam sumur, Senin (19/12/2016). Korban belakangan dietahui bernama Samsu  warga dusun Kertanegara, desa Sindangsari Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Sebelumnya Samsu diduga menderita gangguan jiwa dan sering berhalusinasi sejak tahun 2012 lalu. Menurut warga setempat Samsu juga tengah menjalani pengobatan rawat jalan  di Rumah Sakit Jiwa  Cisarua Bandung.

Menurut keterangan sejumlah warga setempat penyakit Samsu belakangan semakin parah dan sering kambuh semenjak  ditinggal meninggal dunia oleh kakaknya beberapa bulan lalu.

Sementara itu warga pertama kali mengetahui Samsu terjatuh ke dalam sumur  dari orang tuanya,  namun karena tidak memiliki alat untuk mengevakusi korban warga terpaksa meminta bantuan dengan  melaporkannya  ke petugas Polsek Kawali.

Bersama petugas Keplisian sejumlah Tim SAR lagsung tiba dilokasi kejadian dan melakukan upaya evakusia. Jasad Samsu baru dapat diangkat dari sumur setelah Tim SAR menlakukan upayanya sekitar tiga jam. Petgas Sempat mengalami kesulitan melakukan evakuasi karena dalam nya sumur dan sempit.

Berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) oleh petugas identifikasi Satreskrim Polres Ciamis,  penyebab kematian korban  diduga karena mengalami benturan pada bagian kepala hingga tidak mampu bertahan di dalam air sehingga korban sulit bernafas dan meregang nyawa.

Katua Tim penyelamatan Yayan menyebutkan  jenazah korban berhasil diangkat dari dalam sumur dengan menggunakan  metode A Siystem yaitu  cara yang  dilakukan untuk penyelamatan di ruangan sempit.

“Metode ini  dengan menggunakan tali penyelamatan dan satu orang masuk kedalam sumur untuk mengikat korban kemudian ia naik dengan cepat yang dibantu oleh masyarakat, setelah ikatan terpasang kepada korban kemudian ditarik oleh warga dan korban berhasil di angkat dari dalam sumur,” Ungkap Yayan kepada wartawan.

Jenazah Korban selanjutnya dimakamkan oleh pihak keluarga ditempat pemakaman umum Kampung setempat.***Dedi Kuswandi

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang