wp-1476434439263-300x169 PERISTIWA  Minim Alat Berat, Longsor Tebing di Caringin Masih Tutupi Jalan

Longsoran tebing tampak menutupi badan jalan diruas jalan Garut-Tasik di Tenjowaringin, Salawu, foto Teddi (gambar ilustrasi)

Gapura Garut ,- Bencana longsor kembali terjadi diwiayah kabupaten Garut, Jawa Barat setelah hujan deras terus mengguyur wilayah Garut dalam beberapa pekan terakhir ini. Sebuah  tebing di Kampung Cibentang Rt 01 / Rw 01 Desa Sukarame, Kecamatan Caringin tiba-tiba ambrol, Sabtu (4/3/2017) sekitar pukul 17.00. Wib.

Menurut Camat Caringin H. Engkos  material longsoran tebung tersebut telah menutup jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Caringin dengan Kecamatan Cisewu sehingga sempat memutus akses jalan dari kedua arah.

“Keringgian tebing yang longsoran mencapai  2 meter dengan  lebar 4 meter serta panjang material longsoran yang menutupi badan jalan sekitar 8 meter,”Kata Engkos, Sabtu (4/3//2017).

Menurutnya ruas  jalan untuk sementara hanya bisa dipergunakan oleh kendaraan roda dua  dan pejalan kaki sementara untuk kendaraan roda empat sama sekali belum bisa melalui karena terhalang material longsoran tanah.

“Warga masyarakat dan aparatur pemerintah setempat  sudah berupaya membersihkan material longsoran namun karena  panjang dan tebal material longsoran tidak bisa dikerjakan secara manual untuk melaksankan proses pembersihan longsoran tersebut diperlukan alat berat,” ungkapnya.

Engkos menambahkan cuaca disekitar lokasi pada saat kejadian masih terus diguyur hujan sehinga menghambat upaya emersihan bongkahan tanah dari longsoran tebing tersebut.

“Minimnya alat penerangan juga menjadi salah penghambat penyelesaian pembersihan material longsoran. Untuk mempercepat proses pembersihan material longsoran agar jalur jalan bisa dilalui kembali diperlukan alat berat secepatnya,” Tandasnya.***TGM

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang