PERISTIWA

Petani Banjar Gagal Panen, Banjir Rendam Ratusan Hektar Sawah

Tanaman Padi terendam banjir, foto istimewa

Gapura Kota Banjar ,-  Ratusan hektar tanaman padi di lingkungan Siluman Baru, Kelurahan/Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, Jawa Barat terancam gagal panen. Hal ini disebabkan karena banjir hingga satu bulan belum juga surut.

Endang (43) salahsatu petani mengatakan, bahwa banjir ini kiriman dari wilayah Cibungur, Kecamatan Cisaga-Kabupaten Ciamis, kemudian di wilayah Banjar sendiri sistem drainasenya buruk.
” Banjir ini kurang lebih sudah satu bulan, jika banjir belum juga surut, maka padi yang siap panen bisa membusuk dan petani bisa rugi hingga puluhan juta rupiah,” Kata Endang, Jum’at (7/4/2017).

Menurut Endang, banjir juga diduga disebabkan oleh dangkalnya sungai Citapen yang hingga kini belum juga ada upaya untuk melakukan pengerukan dari instansi terkait.

“Dari instansi terkait memang pernah ada ke sini, namun belum melakukan apa-apa dan hanya mengontrol saja, bahkan dulu pernah juga sih mau melakukan pengerukan, tapi tidak jadi dan entah kenapa,” imbuhnya.

Endang dan petani lainnya berharap pemerintah untuk segera mencari solusinya dalam menangani banjir jangan sampai terus berlarut.

” Kami selaku petani berharap kepada pemerintah untuk menvari solusinya dalam mengatasi banjir, sehingga kami tidak gagal panen terus,” pungkasnya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *