PERISTIWA

May Day, Buruh Kota Banjar Gelar Konvoi dan Orasi di Jalanan

Para anggota Kongres Aliansi Buruh Indonesia saat konvoi diruas jalan Kota Banjar, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Ratusan buruh yang tergabung dalam konfederasi kongres aliansi serikat buruh indonesia (Kasbi) Kota Banjar, pagi tadi menggelar aksi konvoi mengitari sejumlah ruas jalan protokol dengan melakukan orasi, Senin. (1/5/2017). Aksi ini dalam rangka Hari Buruh se Dunia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, aksi buruh ini digelar sejak pagi yang diawali dengan berkumpul di sekretariat KASBI, di lingkung Cipadung, Kel/Kec Purwaharja, Kota Banjar.

Massa kemudian melakukan konvoi sambil berorasi. Sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat, mereka pakai untuk aksi perjuangan buruh ini.

Saat berkonvoi, massa pun satu-persatu melakukan orasi di atas kendaraan bak yang berisi sound system. Mereka juga menyampaikan keluh kesahnya dengan menggunakan pengeras suara.

Massa berkonvoi melewati jalan Brigjen M Isa, jalan Letjen Soewarto, Jalan Pangandaran menuju PT APL, PT Wings, PT Sandi Persada, dan Pendopo Kota Banjar. Di setiap pintu gerbang perusahaan yang dilewati, massa berhenti dan berorasi di tempat tersebut.

Koordinator Aksi, Toni Rustaman mengatakan aksi May Day ini adalah sebagai bentuk kekecewaan karena di Kota Banjar kaum buruh masih belum sejahtera. Menurutnya masih ada saja permasalahan antara pihak perusahaan dan buruh.

” yang menjadi sorotan saat ini adalah kasus dirumahkannya 1700 pekerja PT APL, meski sebagaian sudah mulai kerja kembali, namun hak-hak normatif buruh masih diabaikan, khususnya mengenai upah,” ujarnya.

Aksi Massa yang sebagian besar adalah buruh PT APL yang dirumahkan ini, menuntut bayarkan upah buruh PT APL yang dirumahkan, hapus PPJP dan pemborong pekerja tanpa aturan, berlakukan status kerja PKWTT tanpa syarat, bayarkan upah buruh yang cuti melahirkan, dan Stop Union Busting.

Aksi buruh ini pun mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian TNI, Pol PP, dan Dishub.

Aksi massa berakhir di depan Pendopo Kota Banjar, dalam orasinya mereka menyampaikan beberapa tuntutan kepada pemerintah.

Meski dalam  terik matahari, aksi massa buruh di Kota Banjar pantas diberi diapresiasi, lantaran selama aksi tak ada sedikit pun ricuh. Aksi berjalan damai dan tertib, hingga massa kembali ke sekretariat Kasbi di lingkung Cipadung, kel/kec Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *