IMG-20170615-WA0022 PERISTIWA  Jelang Arus Mudik, Dishub Banjar Tahan Bus Bermasalah

Sejumlah petugas saat melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan, foto Hermanto


Gapura Kota Banjar , – Jelang arus mudik lebaran 2017, petugas Kementrian Perhubungan, Dishub Kota Banjar. Dan Satlantas Polres Banjar menggelar Ram Chek Bus Angkutan Umum di terminal Type A Kota Banjar, Kamis (15/6/2017).

Sekitar 30 petugas diterjunkan untuk memeriksa armada angkutan dan hasilnya menemukan beberapa Bus AKAP yang bermasalah dan dua diantaranya tidak boleh beroperasi karena tidak laik jalan.

Dua angkutan umum Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tersebut tidak diperbolehkan beroperasi lantaran tidak ada rem tangan, wiper kaca tidak berfungsi, dan kaca depan retak, bahkan izin trayek yang tidak sesuai dengan jurusan.

Kadishub Banjar, Ide Suhendar mengatakan, pihaknya tidak main-main dalam pemeriksaan angkutan umum ini. Jika menemukan angkutan umum yang tidak laik jalan, pihaknya pun akan melarang angkutan tersebut beroperasi.

“Dalam pemeriksaan ini, masih banyak bus yang bermasalah seperti tidak laik jalan dan tidak lengkap surat-surat kendaraannya, ” ujarnya.

Selain itu, ada juga sopir yang masih tidak memiliki SIM (surat izin mengemudi). Sehingga, petugas pun melakukan tilang terhadap kendaraan dan sopir yang “nakal”.

” Karena sejumlah pelanggar berat, kami pun terpaksa melakukan tindakan tegas dengan menilang sang sopir atau bahkan untuk berhenti beroperasi,” imbuhnya.

Pemeriksaan kelaikan kendaraan jenis Bus ini dilakukan menjelang arus mudik dan arus balik lebaran untuk meminimalisir laka lantas.

“Dalam giat ini kami memberhentikan dua Bus AKAP dan melarang untuk beroperasi, hal ini demi keselamatan penumpang,” pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang