PERISTIWA

Areal Gersang Kaki Gunung Guntur Garut Terbakar

Gapura Garut ,- Kebakaran hebat melanda lahan gersang yang dipenuhi ilalang dan sebagian hutan pinus dikawasan Kaki Gunung Guntur Garut di Blok Naringgul, tepat diatas Kawasan Wisata Cipanas Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat, Jumat (11/8/2017)

Kobaran api mulai muncul sejak petang menjelang malam sekitar pukul 18.00 WIB disertai kepulan asap yang terus membumbung dari areal yang terbakar dan diperkirakan terus meluas.

Sejumlah petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD Garut serta unsur terkait lainnya sudah bersiaga disekitar lokasi untuk mengantisipasi agar kebakaran tidak meluas keareal dekat objek wisata Cipanas Indah Garut.

“Kami melakukan antisipasi dengan seluruh jajaran untuk memantau kebakaran lahan ini gara jangan terus meluas mendekati permukiman warga,”Kata Satria Budi Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Garut melalui pancar ulang radio Komunikasi Orari Lokal Garut.

Budi mengigatkan agar warga yang berada disekitar lokasi mewaspadai bahaya kebakaran lahan terutama disekitar kawasan kaki Gunung Guntur yang sangat rentan terjadi kebakaran.

“Kondisi Gunung ini memang gersang dan hanya ditumbuhi ilalang yang mudah terbakar pada saat musim kemarau seperti ini,”ujarnya.

Hingga berita ini diturunkah kobaran api masih terus merembet menyusul tipuan angin kencang yang mempermudah api merembet kebeagian lahan lainnya yang juga bersebelahan dengan hutan pinus.

Beleum diketahui secara pasti penyebab kebakaran lahan tersebut, namun diperkirakan kebakaran masih akan terus meluas mengingat sangat sulit dijangkau untuk dilakukan pemadaman api menggunakan armada pemadam kebakaran karena lokasi yang jauh dan terjal.***JMB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *