Gapura Garut,- Gempa Bumi Tektonik mengguncang wilayah Samudra Hindia Selatan Jawa, Senin, (25/9/2017) sekitar pukul 05.06.02 WIB.

Gempa Bumi tektonik tersebut  hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=5,0 atau 5,0 Skala Richter terjadi dengan koordinat episenter pada 8,12 LS dan 107,87 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 km arah barat daya Kota Karanganyar, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat pada kedalaman 55 km.

Menurut Mochmad Riyadi Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG menyebutkan dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Tasikmalaya, Ciamis, dan Garut dalam skala intensitas II SIG-BMKG ((II-III) MMI).

“Berdasarkan info masyarakat gempabumi ini dirasakan di Tasikmalaya, Garut, dan Ciamis I-II SIG-BMKG (II-III MMI).”Tulis Riyadi dalam rilisnya, Senin (25/9/2017).

Riyani menyatakan jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault).”imbuhnya.

Hingga pukul 05:40 WIB, lanjut Riyadi hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Tasikmalaya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.”tukasnya.

Sementara itu sejumlah warga di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut mayoritas merasakan ada guncangan gempa meski sebentar dan tidak terlalu terasa.

“Ada guncangan tapi tidak lama,”Kata Lia warga Karang Nunggal Kabupaten Tasikmalaya saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon.

Selain Lia warga lainnya Ahmad yang berada di Kota Tasikmalaya juga menyebut merasakn ada guncangan tersebut meski tidak terlalu besar. “Tadi sempar rebut ribut warga disini pada bilang ada gempa,”ucapnya.

Sementara itu sejumlah warga Garut juga menuliskan status di akun facebook jika mereka telah merasakn ada gempa.”Ada gempa sedikit barusan,”Tulis akun Yudha Puja Turnawan di wall Facebooknya ada juga yang menuliskan update status berisi info kordinat gempa dari BMKG.***JMB

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang