aktivitas-Gunung-Agung-300x200 NUSANTARA PERISTIWA  Awas...!! Aktivitas Magma Gunung Agung Makin Meningkat

Aktifitas Magma Gunung Agung Makin Meningkat, foto Istimewa

Gapura Nusantara ,- Sudah hampir satu pekan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM meningkatkan status Gunung Agung menjadi Awas, dimana Gunung Agung diperkirakan sedang terjadi puncak dari aktivitas sebuah gunung api.

Kabar terakhir dari PVMBG menyatakan, Gunung Agung sempat mengeluarkan semburan uap air dan asap putih melambung dari puncak kawah setinggi 200 meter pada Selasa (26/9/2017).

Semburan tersebut seperti uap air yang melonjak ke atas atau dapat diartikan sedang terjadi pemanasan air di bagian dasar dari dapur vulkanik Gunung Agung. Uap air ini pun menandakan bahwa aktivitas magma semakin meningkat.

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM Gede Suantika,  keluarnya uap air itu adalah indikasi magma sudah semakin ke atas untuk mendobrak katup penutup kepundan yang berada di mulut kawah Gunung Agung.

Selain itu, aktivitas vulkanik yang masif itu pun ditandai dengan semakin banyaknya jumlah kegempaan vulkanik, dengan getaran yang makin kuat dan makin banyak.

Sejalan dengan itu Pos Pengamatan Gunung Agung melaporkan gempa vulkanik dangkal jumlahnya mencapai 102 kali, dengan amplitudo 2-4 mm dan durasi 10-15 detik pada Senin 25 September 2017 lalu. Gemba tersebut terjadi selama periode pengamatan pukul 24.00 sampai 06.00 WITA.

Namun demikian, selama Gunung Agung ditetapkan dalam status Awas sejak beberapa hari kemarin, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa hingga Selasa malam kemarin (26/9/2017) belum terdeteksi sama sekali abu vulkanik yang menyembur dari kawah Gunung Agung.***RED

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang