PERISTIWA

Hujan Deras, Picu Retakan Baru di Lokasi Bencana Tanah Retak Cisompet

Ini Dia retakan tanah dilokasi tanah retak Cisompet, foto Istimewa

Gapura Garut ,- Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Garut dalam beberapa hari terakhir ini membuat sejumlah bencana kembali melanda. Kecamatan Cisompet Garut mengalami beberapa titik becana selain tanah longsor juga bencana tanah retak kembali melanda lokasi yang sebelumnya telah diterpa bencana yang sama pada tahun sebelumnya.

Menurut Supendi salah seorang warga dilokasi bencana tanah retak Kampung Batusari, RT 01/RW 05 Dusun Ciawi, Desa Sindangsarii, Kecamatan Cisompet, retakan tanah kembali terjadi setelah kampungnya diguyur hujan deras.

“Memang turun hujan deras terus menerus setelah musim kemarau, lokasi retakan yang setahun lalu terjadi ini makin parah, rumah saya juga kena ini,”Kata Supendi saat dikonfrmasi, Minggu (1/9/2017).

Supendi menyebut hampir seluruh lokasi yang terkena retakan tanah setahun yang lalu kini kembali terjadi retakan sehingga makin mengkhawatirkan. “ini ada lima rumah yang terkena retakan dengan kondisi rumah nyaris rubuh,”ucapnya.

Sementara itu Asep Munandar tokoh pemuda setempat yang juga aktivis LSM GMBI mengatakan pihaknya bersama warga masih memperjuangkan proses relokasi sejak bencana satu tahun yang lalu namun hingga saat ini belum juga ada kejelasan.

“Kami sedang memperjuangkan relokasi sejak satu tahun yang lalu, namun belum juga ada hasilnya malah sudah ditimpa bencana retakan tanah susulan pada musim hujan kali ini,”Ungkapnya.

Ia berharap pemerintah Kabupaten Garut segera bertinda cepat karena kondisi perkampungan yang terkena tanah retak kini makin parah dan terancam ambruk bagunan rumahnya.***JMB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *