CIAMIS-DEDI-LONGSOR-PUTUSKAN-JALAN-DAN-IRIGSI-01-005_0001-300x169 PERISTIWA  Tebing 40 Meter Ambrol Tutup Akes Jalan Desa dan Irigasi

Longsoran tanah yang menutupi akses jalan dan saluran irigasi, foto Dedi

Gapura Ciamis ,- Tebing setinggi 40 meter di desa Mekarsari, Kecamatan Cipaku, kabupaten Ciamis tiba-tiba longsor setelah kawasan tersebut terus terusan diguyur hujan deras dalam beberapa hari terakhit. Longsoran tanah tebing tersebut menutupi saluran irigas yang biasa mengaliri ribuan hektar areal pesawahan warga.

Kondisi longsor tersebut selain menutupi saluran irigasi juga menutup badan jalan desa hingga sepanjang 50 meter dengan ketnggian tanah mencapai 1 meter lebih.

Camat Cipaku Wawan menyatakan akibat longsoran tanah terbig tersebut akses jalan warga serta saluran irigasi yang biasa mengaliri sawah ribuan hekatar di dua kecamatan kini terputus total.

“longsor telah memutus akses jalan serta menutup saluran irigasi. Kini warga kesulitan mengaliri air kesawah mereka,”kata Wawan, Rabu (11/10/2017).

Wawan menyebutkan  akibat terputusanya akses jalan desa tersebut sedikitnya ada sekitar 35 Kepala Keluarga terisolir tidak  bisa keluar kampung.

“Mereka terisolir didalam kampungnya. Kami langsung mengajak warga dan pihak pemerintah setepat untuk mencoba membuat jalan setapak yang melingkar sehingga dapat  digunakan untuk warga berjalan kaki melintasi lonngsoran tanah,”ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor tebing  tersebut,  namun akibatnya secara langsung telah merugikan akses ekonomi warga.

“Korban jiwa tidak ada namun dari aspek perekonomian warga jelas sangat merugi karena mereka tidak bisa keluar menjual hasil bumi serta menjalankan aktifitas perekonomian sehari harinya,”Tukas Camat.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang