IMG_20171129_163415 PERISTIWA  Cuaca Buruk, Nelayan Pantai Selatan Garut Tidak Bisa Melaut Lagi

Gapura Garut ,- Nelayan pantai selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat mulai mengeluhkan dampak Siklon tropis cempaka.

Cuaca buruk akibat iklim tersebut membuat para nelayan pantai selatan Garut terpaksa untuk berhenti melaut. Mereka memarkirkan perahunya di dermaga karena tak berani lagi mencari ikan di laut.

Ketua Nelayan Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Asep Hidayat menuturkan sudah tiga hari nelayan harus berhenti melaut karena cuaca yang buruk dan tidak bersahabat. 

“Anginnya masih besar. Sejak pagi sampai malam anginnya terus besar. Jadi tidak berani untuk melaut,” kata Asep, Rabu (29/11/2017).

Menurutnya ombak di pantai selatan Garut, kini mencapai tiga meter sehingga para nelayan sudah tidak berani lagi melaut sejak Senin (27/11/2017). 

“Jika dipaksakan melaut, kami khawatir bisa mengancam jiwa para nelayan. Saya juga sudah imbau nelayan untuk tak melaut. Soalnya bahaya juga karena angin dan ombak besar. Jadi lebih baik diparkir saja perahunya,” ujarnya.

Asep menyebut saat ini nelayan yang biasa mencari ikan di pinggir pantai pun tak bisa mencari ikan lagi. Pasalnya ombak yang besar membuat ikan tak ada di pinggir pantai.

“Angin besar dari jam 08.00 sampai jam 10.00. Terus (angin) kecil lagi sebentar. Jam 14.00 angin sudah besar lagi,” ucapnya.***Marwij

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang