IMG20171222160044-300x225 PERISTIWA  Asops Kapolri dan Kakorlantas Sidak Pospam Natal Jalur Selatan

Asops Kapolri Irjen Pol M Iriawan Saat memakaikan Helm kepada para pengendara sepeda motor di jalur Limbangan Kabupaten Garut, foto jmb

Gapura Garut ,- Memastikan pelaksanaan libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 aman dan lancar, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa, melakukan pemantauan pelaksanaan Pospam Natal dan Tahun Baru 2018 dijalur selatan Jawa Barat di Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut.

Irjen Pol Royke Lumowa memperkirakan akan terjadi lonjakan kendaraan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2018 nanti telah terjadi sejak  Jumat (22/12/2017) sore. Peningkatan jumlah kendaraan diperkirakan mencapai 30 persen lebih.

“Naiknya 30 persen dari waktu normal. Baik yang melalui Pantura atau selatan. Mulai hari ini (kemarin) sudah mulai ramai. Tapi besok pagi diperkirakan puncaknya,”kata Royke saat meninjau Pos Pengamanan Operasi Lilin Polres Garut, di Jalan Limbangan, Jumat (22/12/2017).

Royke menyatakan pihaknya telah mengupayakan antisipasi kemacetan akibat meningkatnya jumlah kendaraan tersebut dimana kendaraan sumbu tiga ke atas dilarang untuk melintas. Kecuali yang mengangkut sembako atau bahan bakar.

“Kalau di Jabar sampai 26 Desember dilarang melintas. Lalu dilanjutkan dari 29 Desember sampai 2 Januari,” katanya.

Menurutnya sejumlah titik kemacetan, mulai dari Jalan tol Cikampek, Brebes Exit, Puncak, Kota Bandung, dan beberapa lokasi wisata. Pihaknya pun sudah menurunkan personel untuk melakukan pengamanan.

Terkait banjir yang sering terjadi, Royke telah meminta bantuan pihak Kementerian PUPR untuk membantu mengantisipasi. Selain itu, juga disiapkan jalur alternarif ke wilayah Parakan Muncang, Sumedang.

Sementara itu Asops Kapolri, Irjen Pol M Iriawan, menyebutkan anggota Polri sudah siap untuk menjaga kelancaran operasi lilin yang dicanangkan Polri.

“Pos-pos pengamanan dan pelayanan juga telah disiapkan di seluruh Indonesia. Kami sudah pantau di Jabar dan Jateng. Peningkatan sampai sekarang (kemarin sore) baru 10 persen. Mulai hari ini (kemarin) sampai besok (hari ini) akan mulai meningkat,” ucap Iriawan.

Selain masalah lalu lintas, pihaknya juga mengantisipasi ancaman terorisme dan bencana alam. Pengarahan sudah diberikan ke semua Kapolda.

“Diharapkan betul-betul maksimal operasi ini. Antisipasi yang berkaitan teroris, jadi perhatian bersama. Kami apresiasi juga inovasi Polres Garut sudah menyediakan motor medis keliling. Sangat membantu masyarakat,”Pungkasnya.***JMB

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang