IMG-20171228-WA0007 PERISTIWA  Presiden Jokowi Janji Bersihkan Sungai Citarum

Gapura Bandung ,- Presiden Jokowi menyatakan akan menggenjot pembangunan infrastruktur di Jawa Barat dengan berbagai program seperti renovasi hingga pengadaan baru untuk memacu pertumbuhan ekonomi di tatar Parahyangan ini.

Presiden Joko Widodo meyampaikan hal tersebut  saat menghadiri peringatan ulang tahun ke-51 Angkatan Muda Siliwangi (AMS) di Gedung Merdeka Bandung, Kamis (28/12/2017).
Presiden mengatakan mulai Januari tahun 2018 mendatang pemerintah akan merehabilitasi Sungai Citarum yang mengalir dari kawasan Cisanti di Kabupaten Bandung hingga wilayah DKI Jakarta.

Mantan walikota Solo itu prihatin dengan kondisi air yang sudah sangat tercemar sehingga berbahaya jika tidak segera diatasi.

“Itu sudah mengancam penduduk yang memanfaatkan Citarum, terutama untuk air bersih yang juga dikonsumsi penduduk Jakarta karena seluruhnya mengambil air bersih dari Citarum,”kata Jokowi kepada wartawan.

Ia berjanji perbaikan akan segera dilakukan seperti perbaikan kawasan hulu hingga normalisasi di sepanjang aliran sungai tersebut.
“Selain perbaikan Sungai Citarum juga Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka terus akan terus kita kebut,”ujarnya.

Orang nomor 1 di Indonesia ini ingin keberadaan infrastruktur itu bisa digunakan pada pertengahan tahun 2018 mendatang.

Selain Bandara Kertajati, Presiden menyebut Jawa Barat memiliki bandara lainnya yang tak kalah potensial yakni Bandara di Tasikmalaya sangat tepat untuk mengembangkan produk hasil kreatif masyarakat.

“Di  Tasikmalaya UKM banyak sekali yang bisa produknya dikirim ke luar, baik diekspor atau dibawa ke provinsi lain,”imbuhnya.

Presiden juga menyebut ada airport di Sukabumi yang mulai dibangun, juga infrastruktur jalan Tol Bogor-Ciawai-Sukabumi (Bocimi) yang juga belum tuntas sejak tahun 1996.

Jokowi juga menyesalkan pembangunan yang tak kunjung tuntas meski sudah berganti investor hingga empat kali tersebut.

Dalam kesempatan itu Presiden pun menyampaikan kegundahannya saat terjebak macet selama enam jam untuk menuju Sukabumi dari Jakarta.

“macetnya minta ampun itu sama dengan perjalanan ke Dubai atau Jepang,”ucapnya.

Presiden juga memastikan pemerintah tengah membangun kereta api rel ganda untuk menghubungkan Bogor dengan Sukabumi, dimana nantinya  Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung semuanya akan terhubung.
Usai dari Bandung Presiden akan meneruskan perjalananya ke Kalimantan Barat untuk ikut merayakan natal bersama di Kota Pontianak.***Bara

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang