PERISTIWA

HUT Kota Banjar ke 15, Walikota Tabur Benih Ikan di Citanduy

Gapura Kota Banjar , – Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih pagi tadi melakukan ‘Restocking’ (pelepasan) ikan sebanyak seratus ribu ekor di sungai Citanduy atau tepatnya di lokasi pasir lingkung Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Sabtu (10/2/2018).

Bibit-bibit ikan tersebut jenisnya yakni bibit ikan Baung (Bebeong), Nilem, dan Tawes. Kegiatan tabur ikan ini pun dihadiri kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjar, Aswin beserta jajarannya, Camat Purwaharja, Nia Kania, Kepala Kelurahan Karangpanimbal, Herniati, serta para tokoh masyarakat dan puluhan warga.

Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengatakan, bahwa penebaran bibit ikan ini merupakan salah satu langkah penyelamatan populasi, terutama ikan Baung atau orang sunda menyebutnya Bebeong yang mulai berkurang, karena menurutnya ikan Baung ini merupakan ikan khas Sungai Citanduy.

“Penebaran benih ikan ini diharapkan bisa meningkatkan potensi sungai, terlebih untuk ikan Baung, karena ikan tersebut merupakan ikan khas sungai Citanduy,” ujarnya.

Selain itu ia pun berharap bibit yang ditebar akan bermanfaat dalam beberapa tahun bahkan beberapa bulan mendatang. Dalam kegiatan ini, masyarakat pun menyambut baik.

“Alhamdulillah, program ini disambut baik oleh masyarakat, kita tabur bibit ikan sekarang, satu tahun atau bahkan beberapa bulan kedepan benih ikan baung dan ikan-ikan yang ditabur lainnya ini sudah besar dan siap dinikmati oleh masyarakat,” katanya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *