Gapura Garut ,- Sampai dengan pukul 12.00 wib proses evakuasi material longsong tebing dipinggir jalan ruas Malangbong-Bandung tepatnya di Kampung Pangkalan Desa Sukaratu, Kecaamatan Malangbong masih terus berlangsung.

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna memimpin langsung pelaksanaan evakuasi longsoran tanah yang di bantu jajaran TNI, BPBD, Dishub serta Masyarakat yang berada disekitar lokasi.

Diberitakan sebelumnya ajaran Kepolisian lalu lintas Polres Garut terpaksa harus memberlakukan buka tutup jalaur diruas jalan Malongbong-Bandung karena terjadi Longsor dari tebing pinggir jalan.

Longsor terjadi tepat depan rumah makan Rido Manah, Kampung Pangkalan, Desa Sukaratu, Kecamtan Malangbong, Garut yang terjadi pada sekitar pukul 06.20, WIB, Selasa (25/12/2018) pagi.

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan sejak mendapatkan laporan kerjadian longsor dari warga masyarakat pihaknya langsung menerjunkan sejumlah anggota untuk segera mengamankan lokasi longsoran tersebut.

“anggota mendapat laporan dari masyarakat, saya perintahkan untuk langsung menuju lokasi dan melaksanakan uapaya-upaya pembersihan material longsoran meski dengan cara manual serta yang terpenting melakukan pengaturan arus lalu lintas di lokasi.”kata Kapolres Budi satria Wiguna saat dikonfirmasi cakrawala.co, Selasa (25/12/2018).

Budi menyebut para personilnya dilokasi segera berkordinasi dengan pihak pemadam kebakaran dengan meminta bantuan satu unit mobil damkar untuk membantu membersihkan badan jalan dengan menyemprotkan air melalui mobil damkar yang berada stand by di Limbangan.

“dengan dibantu mobil damkar sebagain material longsoran tanah bisa disingkirkan sehingga ruas jalan mulai agar terbuka untuk kemudian dilintasi secara bergantian oleh para pengendara yang sempat terjebak,”ungkapnya.

Sementara itu berdarkan informasi yang berhasil dihimpun dari lokasi kejadian, panjang material longsor sekitar 12 meter dengan lebar 5 meter.

“Kami menggunakan alat berat untuk menyingkirkan seluruh bongkahan material longsoran tanah agar seluruh badan jalan kembali normal,”kata Kapolres.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputo saat dikonfirmasi menyebutkan pihaknya tengah terus berupaya membersihakan material longsoran tanah dengan menggunakan satu unit alat berat.

“mudah mudahan satu jam siang ini jalan sudah kembali bisa dilalui dengan normal,”kata Rizky.

Ia menuturkan selama dalam proses pembersihan material longsoran, pihaknya memindahkan sejumlah arus kendaraan dengan menggunakan sejumlah rtuas jalan alternatif.

“untuk rekayasa lalu lintas kita lakukan pengalihan jalur untuk dari arah Bandung melalui Nagrek kita alihkan untuk melewati jalur Leles-Kadungora, sementara dari tasikmalaya kota arus lalu lintas kita alihkan menuju Garut melewati jalur Singaparna-Cilawu memasuki kota Garut. Dan untuk alternatif ketiga kendaraan yang melaju dari arah Gentong Tasikmalaya di Simpang Tiga Malangbong diarahkan lurus melewati wado Sumedang,”tuturnya.

Rizky menambahkan hal tersebut dilakukan setelah pihaknya melakukan kordinasi dengan jajaran Polres Bandung dan Tasikmalaya untuk menguragi dampak antrian volume kendaraan yang akan melintas di sekitar lokasi longsor.***JMB

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang