Gapura Banjar , – Menjelang Hari Natal, jajaran Polres Banjar Polda Jabar dan Kodim 0613 Ciamis, Senin (24/12/2018) siang melakukan sterilisasi ke sejumlah gereja yang ada di Kota Banjar, Jawa Barat. Sterilisasi ini untuk memastikan keamanan tempat ibadah tersebut.

Adapun Gereja yang disterilisasi yakni Gereja Kristen Indonesia (GKI), GKJ, Phantekosta serta gereja-gereja lainnya yang ada di wilayah hukum Polres Banjar. Dalam pelaksanaan sterilisasi tersebut, petugas menggunakan berbagai alat, seperti perangkat metal detector, bersenjata (laras panjang) lengkap, dan beberapa alat lainnya untuk mendeteksi benda-benda berbahaya.

“Sebelum melakukan pengecekan, kami berkoordinasi dulu dengan pihak gereja,”kata Kapolres Banjar, AKBP Matrius kepada awak media.

Matrius menambahkan, pada pengecekan atau sterilisasi ini, tim Sabhara Polres Banjar melakukan penyisiran mulai dari pintu masuk gereja, tempat jemaah, dan ruang-ruang lain serta sekitar halaman area gereja.

“Tujuan penyisiran ini adalah untuk memastikan keamanan gereja agar ibadah umat Nasrani dapat berjalan lancar, aman dan kondusif,” imbuhnya.

Masih kata Matrius, bahwa sterilisasi ini merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya teror dalam pelaksanaan ibadah umat Nasrani tersebut.

“Ini langkah awal, dan kami tidak mau kecolongan dengan adanya aksi teror yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah umat Nasrani,” katanya.

Ia pun berharap, masyarakat bisa berperan aktif dan selalu koordinasi. Hal ini supaya dalam perayaan Hari Natal di Kota Banjar dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif.

Dalam pelaksanaan sterilisasi tidak ditemukan benda atau hal-hal yang mencurigakan.

“Selama pengecekan, tidak ditemukan benda-benda yang mencurigakan,” pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang