WhatsApp-Image-2019-01-16-at-18.23.40-300x213 PERISTIWA RAGAM  Polres Garut Dorong Warga Jadikan Kampung Ini Tertib Lalulintas

Ini Wajah Gerbang Masuk Kampung tertib lalu Lintas, foto jmb

Gapura Garut ,-  Kepolisian Resort Garut bersama warga di Kampung Pasirmuncang, RW 7, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul berhasil menyulap seluruh lorong serta ruang yang ada di Kampung tersebut menjadi kampung percontohan tertib lalu lintas.

Warga di Kampung tersebut menyepakati sejumlah aturan dimana jika ada warga yang melanggar maka akan langsung diberi teguran oleh pengurus RW setempat.

Berdasarkan catata dari pihak pengurus RW setempat kampung mereka termasuk pada RW 7 desa Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul yang berada di ujung barat pintu masuk kekawasan wilayah kecamatan dari arah Kecamatan Banyuresmi dan Tarogong Kaler.

“disini terdapat 250 kepala keluarga atau 1002 jiwa. Warga kami yang menggunakan kendaraan sepeda motor selalu diingatkan untuk menggunakan helm standar nasional dan kelengkapan berkendaraan lainnya,”Kata Udin Mauludin ketua RW7 disela-sela kegiatan peresmian Kampung Tertib lalulintas oleh Kapolres dan Bupati Garut, Rabu (16/1/2019).

Udin menyebut semua warga harus mengecek dulu surat-surat kendaraan serta perlengkapan berkendaraan.”Jangan hanya takut polisi, tapi demi keselamatan juga,” ucapnya.

Sebelum menjadi kampung tertib lalu lintas, Udin menyebut kesadaran warga sudah cukup tinggi. Apalagi setelah dijadikan proyek percontohan, tentu menjadi beban agar warga semakin sadar berlalu lintas.

“Bukan hanya pengurus RW yang menegur kalau ada yang tidak pakai helm. Tapi sesama warga juga saling mengingatkan,” katanya.

Selama ini lanjut Udin pihak Satlantas Polres Garut, telah secara intensif memberi pembinaan kepada warga masyarakat. “Insya Alloh dengan bantuan dari berbagai pihak, akan membuat warga Pasirmuncang lebih memahami keselamatan berlalu lintas.”imbuhnya.

Tampak rapih dan memenuhi unsur estetika sejumlah rambu-rambu dan spanduk terkait kampanye tertib lalu lintas dipajang di sepanjang lorong menuju ujung kampung.

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menyatakan kampung tertib lalu lintas ini terwujud merupakan insiatif dari warga masyarakat di kampung Pasir Muncang RW 07 yang peduli terhadap ketertiban berlalu lintas.

“Setelah melalui proses pengamatan selama 5 bulan, kami dan jajaran berinisiatif menjadikan kampung ini sebagai kampung tertib berlalu lintas.  Kita bisa melihat hilir mudik kendaraan roda dua di sini semua menggunakan pengaman kepala ( Helm ), serta memampangkan himbauan kecepatan di dalam gang kepada pengendara yang masuk ke kampung,”ungkap  Kapolres Budi Satria Wiguna.

Ia menegaskan dikampung yang menjadi pilot projek Kampung tertib lalulintas ini semua warga bisa melihat simbol – simbol atau  rambu – rambu lalu lintas dan berbagai himbauan  tertib berlalu lintas melalui kata-kata yang dirangkai dengan bagusnya.

“kampung ini kita didesain secara khusus menyerupai jalan raya yang dilengkapi marka jalan dan rambu lalu lintas. Di tembok-tembok rumah warga juga dihiasi berbagai mural tentang tertib lalu lintas dan rambu lalu lintas.”ungkapnya.

Budi berharap kehadiran Kampung tertib lalulintas tersebut menjadi  terobosan dan contoh untuk semuanya juga menjadi yang terbaik di wilayah hukum Polda Jabar.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang