WhatsApp-Image-2019-01-19-at-21.12.29-300x169 PERISTIWA  Kampung Cimacan Kembali Terendam Banjir Luapan Sungai Cimanuk

Petugas BPBD Membantu membersihkan lokasi terendam banjir di Kawasan Kampung Cimacan, foto dok

Gapura Garut ,- Luapan sungai Cimanuk di Garut, Jawa Barat yang dipicu hujan deras pada Sabtu (19/1/2019) sore hingga petang tadi mengakibatkan hunian warga disekitar bantaran sungai tepatnya di Kampung Cimacan, Desa Haur Panggung, Kecamatan Tarogong Kidul terkena dampak luapan air.

Sejumlah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut terpaksa harus mengevakuasi warga terdampak karena khawatir luapan air akan merendam pemukiman warga.

Kepala Seksi Kedaruratan dari BPBD Kabupaten Garut, Erwin Gunadi , mengatakan status sungai Cimanuk yang melintasi kawasan Garut Kota harus terus diwaspadai karena debit air mulai naik kepermukiman warga.

“kami sudah turunkan tim untuk melakukan evakuasi warga karena air sudah merendam dengan ketinggian diatas rata-rata.”kata Erwin.

Ia menyebut pihak BPBD sudah siap siaga evakuasi warga di bantaran sungai, dengan menurunkan perahu karet.

“Evakuasi ini harus kami lakukan untuk menghindari kemungkinan aliran sungai Cimanuk akan lebih tinggi lagi hingga khawatir menenggelamkan rumah warga,” ujarnya.

Ia mengakui tidak semua warga terdampak luapan air ini berkenan dievakuasi karena ada di antaranya memilih bertahan dengan alasan keselamatan harta benda mereka.Untuk sementara ini lanjut Erwin perahu karet bersama seluruh relawan sudah diturunkan dengan membagi beberapa tim.

“Tim pertama diturunkan untuk mengevakuasi warga di Kecamatan Bayongbong. Sementara sisanya untuk bersiaga di wilayah Kecamatan Garut Kota dan Tarogong Kidul,” bebernya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang