img_20190312_0032091554921886 PERISTIWA RAGAM  Innalillahi...Kabar Duka Dari Sahabat Kami Mang Engkus Kuswana Kontributor Gapura Media

Oleh Janur M Bagus

“Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun..” kabar duka ini tiba-tiba datang masuk ke Whatshap pribadi bahkan hampir semua grup Whatshap yang menghimpun para awak media di Garut penuh dengan untaian doa mengantarkan kepergian sahabat kami Engkus Kuswana (61) tahun kontributor gapuraindonesia.com yang kami kelola.

Mang Engkus atau kami biasa memanggilnya dengan sebutan Kuskus Markuseu wafat pukul 18.30 WIB dirumah duka Kampung Salam Nunggal, Kecamatan Leles Kabupaten Garut, Senin 11 Maret 2019.

Jajaran Redaksi termasuk saya kaget karena beberapa hari yang lalu almarhum masih sempat mengirimkan hasil liputan beritanya yang tidak sempat naik dan rilis di gapuraindonesia.com, malah naik tayang di cakrawala.co portal berita yang dikekola para jurnalis eks sentra mulia atau news room nya antv.

Engkus Kuswara bin Jeje adalah sosok periang yang memiliki etos kerja tinggi dengan kreatifitas dalam mengolah informasi yang cukup mendalam dan berani beda menaikan berita dengan yang lain.

Favorite liputan yang banyak dihasilkan almarhum adalah masalah masalah human interest yang lekat dengan kehidupan warga pinggiran yang masih berada di garis kemiskinan.

Sudah tidak terhitung tulisan beritanya yang melansir masalah kesusahan orang, mulai rumah jompo berharap program rutilahu hingga berbagai penyakit yang diderita warga disekitar tempat tinggalnya meliputi kecamatan Leles dan Kadungora.

Jaminan KTP dan tanda tangan dia di pusat kesehatan masyarakat hingga rumah sakit tidak terhitung saat menjamin warga yang ingin berobat karena kesulitan kartu sehat atau SKTM yang kadang masih mendapat pelayan kelas diabaikan di beberapa tempat pelayanan medis. Maka sosok Engkus segera tampil membantu meluruskan bahkan kalau perlu menjaminkan KTP miliknya.

Tentu saja perbuatan itu, almarhum lakukan bukan karena dia berkecukupan melainkan panggilan nuraninya yang tulus dan ikhlas untuk sesama.

Sosok Engkus adalah sosok yang gesit ketika diajak dalam kegiatan kegiatan sosial kemasyarakatan. Ia juga salah satu personil dibalik program IJTI korda Garut Berbagi setiap moment puasa jelang lebaran.

Kini ia telah tiada meninggalkan kami semua dengan kesan mendalam sebagai sahabat yang supel, periang, pekerja keras dan mau terus belajar di samping keterbatasan kemanpuan pengetahuan jurnalistiknya.

Kepergian Almarhum berdasarkan keterangan keluarga benar benar mendadak tidak ada tanda tanda yang nampak sebelumnya dari almarhum.

Ia sebelum menghembuskan nafas terakgirnya sempat beraktifitas seperti biasanya dan pulang ke rumah pada sore hari sempat minum obat karena mengeluh kurang enak badan, tak lama berselang ia jatuh pingsan dan sempat dilarikan ke Puskesmas, namun tiba di Puskemsmah ia telah tiada.

Almarhum memang orang yang soleh peduli dan mau menolong orang lain sehingga tidak mau menyusahkan anak dan istri juga keluarga besarnya.

Selamat Jalan Mang Kus…semoga khusnul khotimah…Allohumagfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wafu’anhu…

Garut 11 Maret 2019

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang