PROFIL

Mpok Nori Komedian Betawi Serba Bisa Itu Kini Telah Tiada

Mpok-Nori

Gapura Seleberita ,- Innalillahi, kabar duka kembali datang dari dunia komedi Tanah Air kembali. Setelah sebelumnya masih dikejutkan dengan kepergian Olga Syahputra, kini komedian Betawi serba bisa Nuri Sarinuri atau lebih akrab disapa Mpok Nori juga telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (3/4/2015).

Mpok Nori meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Pasar Rebo.  Awal mula kabar meninggalnya komedian senior ini tersebar secara berantai lewat pesan singkat pada Jumat (3/4/2015) pagi. “Inna lillaaahi wa inna ilaihi roojiuun. Telah berpulang ke Rahmatullah Mak Hj. Nori, jam 7.40 Wib di Rumah Sakit Pasar Rebo. Semoga Allah mengampuni semua dosa almarhumah, memaafkan semua kesalahan almarhumah…Aamiin YRA.” Itulah bunyi pesan yang redaksi terima dari salah seorang pengirimnya.

Pihak Rumah Sakit Pasar Rebo membenarkan kabar tersebut saat dilakukan konfirmasi. Menurut pihak Rumah Sakit  Mpok Nori meninggal dunia sekitar jam 07.30.

Pihak Rumah Sakik Pasar Rebo memastikan jika penyebab meninggalnya almarhumah Mpok Naori karena ada kelainan di paru-parunya. “Sakitnya kelainan di paru-paru dan penurunan kesadaran karena usia lanjut,” Kata salah seorang petugas RS Pasar Rebo diujung telpon.

Dalam catatan yang ada dalam beberapa tahun terakhir, kondisi kesehatan Mpok Nori yang  84 tahun itu sempat mengalami naik turun. Sebelumnya Almarhum juga  sempat dirawat selama hampir 2 pekan karena menderita penyakit typus.

Mpok Nori lahir pada tanggal 10 Agustus 1930. Awal karier Mpok Nori dalam dunia hiburan tanah air dimulai dari pentas lenong betawi dan mulai dikenal luas setelah ikut bermain dalam serial “Pepesan Kosong” bersama Malih dan Bolot.

Mpok Nori merupakan komedian Betawi yang memiliki penggemar banyak meski usianya sudah senja. Semua itu berkat keuletan dan ketulusan Mak Nori dalam meniti kariernya.

Sebagai pewaris kesenian asli lenong Betawi Mpok Nori mengawalinya dengan mengisi pangung hiburan dari satu kampung ke kampung lain sebagai penari topeng. Kemudian bergabung di Sanggar Setia, milik almarhum Haji Bokir. Dari sanggar itu, Mpok Nori mulai dikenal sebagai pemain lenong Betawi. Mpok Nori pun mendapat tawaran manggung untuk mengisi acara televisi.

Lewat aktingnya dalam serial Pepesan Kosong, nama Mpok Nori semakin meroket dan dikenal luas oleh masyarakat. Semakin tua semakin jadi. Di usia 74 tahun atau tahun 2005, dia aktif di dunia sinetron. Mpok Nori pernah menjadi pemain di beberapa film. Yaitu, Hantu Biang Kerok (2009), Get Married 2 (2009), Get Married 3 (2011), Pocong Mandi Goyang Pinggul (2011), Penganten Pocong (2012), Jeritan Danau Terlarang (2013), dan Malam Suro di Rumah Darmo (2014).***TG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *