sergio-van-dijk-300x162 PROFIL  Sejak Awal Debut Sergio Van Dijk di Indonesia Kaya Dengan Gol

Sergio Van Dijk pemain naturalisasi asal Belanda kembali bergabung bersama Persib, foto Istimewa

Gapura Seleberita ,- Mengawali karier yang membuat debutnya didunia sepakbola Indonesia makin terkenal adalah saat Segio Van Dijk pesepakbola handal asal Belanda keturunan Indonesia ini, ketika pada tanggal 19 Juli 2010, Van Dijk menyatakan bermain untuk timnas Indonesia, dimana merupakan negara asal salah satu kakek-neneknya.

Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan otoritas sepakbola Indonesia, Sergio mengetahui bahwa untuk dapat mewakili Indonesia, ia harus mendapatkan kewarganegaraan Indonesia dan melepas kewarganegaraan Belanda, karena Indonesia tidak mengizinkan kewarganegaraan ganda.

Setelah melalui proses panjang, Sergio akhirnya memutuskan untuk melepas kewarganegaraan Belanda dalam rangka untuk bisa membela Indonesia. PSSI telah mengumumkan bahwa Sergio van Dijk sedang di naturalisasi, sehingga ia bisa bermain untuk tim nasional sepak bola Indonesia di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014.

Selanjutnya pada tanggal 4 Maret 2013, Sergio  dipanggil timnas Indonesia untuk pertama kalinya, bermain di Kualifikasi Piala Asia 2015. Dia melakukan debut melawan Arab Saudi pada tanggal 23 Maret 2013.

Pada tanggal 7 Juni 2013, Van Dijk masuk skuad tim nasional untuk bermain menghadapi Belanda di pertemuan pertama dalam sejarah sepak bola Indonesia. Pertandingan berakhir kekalahan untuk tuan rumah Indonesia dengan skor 3-0, dua gol dicetak oleh Siem de Jong dan satu gol oleh aksi solo run Arjen Robben. Gol pertamanya datang pada pertandingan persahabatan melawan Timor Leste di mana ia mencetak gol pertama pada menit ke sepuluh dengan hasil akhir kemenangan 4-0 untuk Indonesia.

Karier bersama Pangeran Biru Maung Bandung diawali Sergio pada Februari 2013 dimana ia dikontrak klub Liga Super Indonesia, Persib Bandung. Dalam uji coba melawan PS UNI Bandung, Van Dijk mencetak trigol dalam kemenangan 10-1.

Di liga, Van Dijk mencetak gol dalam debutnya pada kekalahan 2-1 melawan Persisam Putra Samarinda. Dalam kekalahan 4-2 oleh Mitra Kukar, Sergio menciptakan satu assist. Setelah itu, pada sembilan pertandingan berikutnya Sergio selalu mencetak gol, yaitu ketika melawan PSPS Pekanbaru, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Pelita Bandung Raya, Gresik United, Barito Putra, Persiba Balikpapan, Persita Tangerang, dan Arema FC. Dari sembilan pertandingan tersebut, Persib hanya mengalami satu kekalahan, yaitu ketika melawan Sriwijaya FC dengan hasil 2-1, sedangkan Sergio mencetak satu gol pada tiap pertandingan tersebut kecuali saat melawan Persija Jakarta pada 3 Maret di mana ia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1.

Pada putaran kedua, Sergio membuat gol ketika Persib melawan Persepam Pamekasan dan Persita Tangerang. Sergio meneruskan performa baiknya dengan mencetak dua gol dan dua assist dalam pertandingan melawan Pelita Bandung Raya, dan pada 15 Juni Sergio kembali mencetak dua gol dalam kemenangan kandang 4-0 atas Sriwijaya FC.

Pada 25 Juni, Sergio menciptakan gol terkhir bagi Persib ketika mengalahkan PSPS Pekanbaru 4-0. Pada 30 Juni, Sergio menghasilkan satu gol dan tiga asis dalam kemenangan 4-1 atas Persisam Samarinda. Pada 24 Agustus, Sergio mencetak gol lagi melalui penalti ketika Persib dikalahkan Persiram Raja Ampat dengan skor 2-1. Empat hari kemudian, Sergio mencetak gol ke gawang Persija Jakarta, menjadikan torehan golnya mencapai angka 21.

Striker naturalisasi asal Belanda, Sergio van Dijk kini telah dipanggil kembali untuk mempertajam lini depan PERSIB guna mengarungi TSC 2016.

Sergio tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta sekitar pukul 18.05 WIB menggunakan maskapai Turkis Airlines dan langsung dijemput oleh pihak PERSIB. Rombongan tiba di Bandung sekitar pukul 23.30 WIB.

Rasa lelah terlihat di wajah pemain Tim Nasional Indonesia ini, namun ada kebahagiaan saat sesekali diminta berfoto bersama di bandara. Perasaan senang itu pun diakuinya, karena akan kembali bermain di hadapan suporter terbaik.

“Saya senang bisa kembali bermain untuk PERSIB dan bobotoh tentunya, mereka suporter luar biasa,” kata Sergio.

Pemain yang didatangkan PERSIB dari Australia pada musim 2013 ini berharap dapat membawa PERSIB berprestasi. Tapi, memang juara musim ini adalah hal yang sulit, sebab banyak pemain baru dan perlu waktu adaptasi supaya semuanya dapat kompak.

“Ini seperti musim 2013, banyak pemain baru dan perlu adaptasi. Saya ingin meminta dukungan bukan untuk saya tapi untuk tim ini, karena kita bisa juara kalau bersama-sama dengan bobotoh,” ucapnya. ***Dikutif dari wikipedia dan persib.co.id

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang