PROFIL

Mutiara Jadi Duta Generasi Hijau, Mewakili Jawa Barat

Mutiara siswi SMAN 1 Garut Duga Hijau Jawa Barat, poto Yuyus
Mutiara siswi SMAN 1 Garut Duga Hijau Jawa Barat, poto Yuyus

Gapura Seleberita ,- Kecerdasan, kreatifitas dan keaktifannya dalam masalah pengelolaan lingkungan, berbuah prestasi membanggakan bagi Mutiara Arifin Nuantara sebagai salah satu generasi muda Kabupaten Garut dengan prestasi membanggakan.

Siswi SMAN 1 Garut kelas XII IPA 5 itu terpilih sebagai Duta “Green Generation”, atau Generasi Hijau mewakili Jawa Barat, bersama Rama Januar dari SMAN 6 Garut. Keduanya terpilih setelah mengikuti seleksi dalam Jambore Generasi Hijau Nasional di Mamuju, Sulawesi Barat, 17-21 Oktober 2016 lalu.

Projec manajemen dan projec tentang lingkungan yang dibuat putra-putri terbaik Garut itu dinyatakan memenuhi syarat oleh panitia seleksi.

“Disana itu kita diseleksi membuat program projec manajemen dan projec tentang lingkungan dan alhamdulillah lolos.” tutur Mutiara, usai menerima sertifikat sebagai Duta Generasi Hijau, pada upacara Hari Peringatan Sumpah Pemuda, di Lapang Oto Iskandar Kabupaten Garut, Jum’at (28/10).

Ditambahkan Mutiara, selain dinobatkan sebagai Duta Generasi Hijau Jawa Barat pada jambore tersebut, juga memperoleh penghargaan sebagai “The Best Total Action”, karena Green Generation Kabupaten Garut dinilai yang paling aktif terlibat dalam kegiatan lingkungan.

” Kabupaten Garut ini memang yang paling pertama terbentuk Green Generation di Jawa Barat dan dinilai banyak kegiatan lingkungannya,” ungkapnya.

Putri kedua dari Kepala SMKN 1 Garut, H. Dadang Johar Arifin itu, menjelaskan, selain dua program yang disodorkan kepada panitia jambore di Sulawesi Barat itu. Secara pribadi Mutiara juga membuat projec pembayaran online, sebagai upaya mengurangi sampah, akibat penggunaan kertas untuk struk pembayaran.

Mutiara juga memaparkan beberapa kegiatan yang pernah dilaksanakan Generasi Hijau di Garut diantaranya, earth day camp Tahun 2015, green camp, kegiatan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara itu Heti Kristianti, selaku guru pembimbing Mutiara di SMAN 1 Garut, mengatakan, sangat mendukung kegiatan anak didiknya itu dari awal hingga berakhirnya kegiatan jambore di Mamuju tersebut. Sebab menurutnya, apa yang dilakukan anak didiknya tersebut relevan dengan prestasi sekolahnya yang sudah memperoleh penghargaan tertinggi bidang kebersihan lingkungan dari pemerintah pusat, yakni Adiwyata Nasional dan Adiwyata Mandiri.

” Jadi saat ada pemberitahuan dari Green Generation tentang kegiatan jambore di Sulawesi Barat, kami sangat mendukung Mutiara dan kawan-kawan dari awal hingga akhir. Karena seiring dengan visi dan misi kami,” katanya, saat diwawancara di ruang kerjanya.

Dikatakannya, di sekolahnya akan segera dibentuk komunitas pencinta lingkungan Green Generation, dalam wujud ekstrakurikuler.***Yuyus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *