WhatsApp-Image-2018-02-05-at-05.50.07-300x225 PROFIL RAGAM  Danramil Garut Kota Ajak Warga Peduli Lingkungan Mulai dari Hal Kecil Ini

Danramil Garut Kota, Kapt Inf. Damo, foto dok

Gapura Garut ,- Banyak cara yang dapat dilakukan siapapun untuk memelihara lingkungan agar tetap bersih dan terpelihara dari kerusakan.

Memulai hal kecil untuk menjadi besar barangkali adalah cara yang dipilih Komandan Koramil (Danramil) Garut Kota Kapten Damo beserta jajarannya untuk menyadarkan warganya agar tetap memerhatikan lingkungan.

“kita memang harus menyadarkan warga terlebih dahulu agar benar-benar peduli terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga digerakan apapun untuk memperhatikan lingkungan nantinya akan mudah,”kata Kapten Damo menjelaskan program peduli lingkungan yang digagasnya baru-baru ini.

Menurut Danramil muda ini, pihaknya memang mengalami kesulitan untuk menyakinkan warga masyarakat terlebih Koramil Garut Kota berada dipusat jantung kota dengan wiayah kerja perkotaan sehingga tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan mulai memudar.

“lihat saja kesadaran masyarakat terhadap buang sampah sudah agak sulit dikendalikan padahal produksi sampah terbesar memang datang dari perkotaan ini,”ujar Damo.

Salah satu cara yang mulai dilakukan pihaknya bersama jajaran Koramil adalah mengajak warga mengenali lingkungan dengan memungut sampah dan potensi apapun yang dapat dilahirkan dari sampah tersebut.

“Di Halaman depan kantor kami saat ini banyak Polybag berisi bibit tanaman buah-buahan mulai alpukat, nangka hingga beberapa jenis tanaman buah lainnya mulai tumbuh dan ditanam dari biji buah-buah yang dibuang percuma sisa para pedangan Jus buah yang berjualan disekitar kantor kami,”tuturnya.

Dengan cara itu, Lanjut Kapten Damo kini warga sekitar kantornya mulai menyadari bahwa hal-hal kecil tersebut dapat bermanfaat ketika konsisten dilakukan.

“Sekarang sudah mulai ada warga yang datang membawa sampah yang sudah dipilah dan siap diolah menjadi kompos. Jadi kedepan kami ingin warga mampu memilah terlebih dahulu sampah sebelum masuk ke TPA sampah yang bebannya sudah sangat berat saat ini,”Paparnya.

Terkait dengan kepedulian terhadap lingkunga, Danramil Kota ini juga berencana seluruh bibit tanaman yang berhasil disemai selama ini dihalaman kantornya akan ditanam disepanjang aliran sungai Cimanuk yang berada melintasi wilayah pusat kota Garut.

“Ini akan kita tanam disepanjang sungai Cimanuk agar mampu mengantisipasi banjir yang juga sempat memprorakporandakan Garut beberapa bulan lalu, Kami besama para Babinsa akan terus bergerak mengajak warga masyarakat melalui pendekatan kebiasaan yang sederhana terkait lingkungan ini,”Pungkasnya.***

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang