Foto burung dalam sangkar, gambar ilustrasi

Foto burung dalam sangkar, gambar ilustrasi

Gapura Ciamis ,- Kehadiran kontes burung berkicau selalu meriah dan menarik bagi para pecinta jenis burung  berkicau  yang harganya juga mencapai jutaan rupiah. Tidak heran jika para penggemar dikawasan Kabupaten Ciamis dan sekitarnya juga tumpah ruah  dilapang Pawindan, Ciamis yang menggelar kontes burung berkicau baru-baru ini.

Ratusan peserta yang datang dari berbagai kota turut serta menjadi peserta kontek yang dgelar pertama kalinya diwilayah tersebut. Kontes  dibagi mejadi  sepuluh  kategori, mulai  dari kategori jenis burung love bird,  Murai,  Anis,  Cucak Hijau dan Pleci serta jenis burung kicau lainya.

Menggunakan sistem liga para peserta kontes harus melalui berbagai tahapan pertandingan sehingga cukup mengundang antusias para peserta dan para penonton yang juga turut serta meramaikan kontes burung berkicau tersebut.

Meski  sempat diwarnai kericuhan akibat pemilik burung saling berteriak untuk memandu burung jagoan-nya agar  terus berkicau. Kondisi yang makin ramaia dengan  teriakan penonton dan pemilik dinilai mengganggu juri dalam proses penilaian,  kontespun sempat beberapa kali  dihentikan untuk beberapa  saat.

Sebagaimana biasanya kehadiran kontes burung berkicau ini selalu menjadi ajang pembuktian dan dianggap kesempatan paling bergengsi  untuk mendongkrak harga burung berkicau jika mampu keluar sebagai juara.

Menurut Andriansah salah satu peserta kontes asal Cikijing  yang  membawa burung jagoannya dan mejuarai kelas Anis.

“Saya  membeli burung  ini dulu hanya sekitar  5,5 juta rupiah  karena sering menyabet juara 1 saat mengikuti kontes kini sudah ada yang berani membeli sampai 150 juta rupiah.  Namun utuk saat ini saya  belum mau mejualnya”, Kata Andriansyah kepada wartawan.

Seementara itu Wakil Bupati Ciamis,  Oih Burhanudin yang juga selaku  penyelenggara konteks burung berkicau tersebut  berharap  kontes burung kicau ini menjadi media silaturahmi bagi para pecinta  burung dan mendidik dalam upaya pelestariannya.

“Kami pemeritah Kabupaten Ciamis akan terus berupaya agar melaui kontes ini menjadikan Ciamis sebagai salah satu daerah tujuan wsiata nantinya, makanya kami akan mengupayakan gelaran kontes ini untuk menjedai yang terbesar di Jawa Barat”, Tegasnya.***Dedi Kuswandi

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com