XY RAGAM  Ini Dia Himbauan BMKG Terkait Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi​Gambar ilustrasi

Gapura Nusantara ,- Informasi yang beredar melalui broadcase di media sosial, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan seluruh warga masyarakat dibeberapa daerah untuk mewaspadai perubahan cuaca pada tanggal 10 hingga 14 Juli 2016 ini.

Menurut BMKG, berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer diprediksi akan terjadi hujan lebat disertai kilat/petir khususnya di Selatan Jawa hingga NTT. Sehingga masyarakat di wilayah berikut ini agar waspada, yaitu antara lain :
Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur,serta Papua bagian Selatan.

BMKG menghimbau agar warga mewaspadai dan berhati-hati terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan air, jalan licin dan pohon tumbang.

Dampak akan terjadi khususnya pada periode arus balik lebaran tahun ini agar pengguna dan operator jasa transportasi darat serta laut untuk selalu mengutamakan keselamatan.

Disebutkannya ketinggian gelombang air laut bisa mencapai antara 2 sampai 4 meter, ini diprediksi terjadi di perairan Selatan Jawa hingga Sumba.

Kondisi gelombang tinggi tersebut cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat yang sedang berlibur antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Santolo, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, Pantai Selatan Banyuwangi.
Masyarakat diharapkan agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui : call center 021-6546315/18 ; http://web.meteo.bmkg.go.id follow@infobmkg ; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.Demikian dipublihs oleh Pusat Meteorologi Publik – BMKG.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang