RAGAM

Ingin Melihat Keindahan Langit, Ikuti Ajakan Kepala LAPAN ini

Thomas Djamaludin Kepala LAPAN, foto Istimewa
Thomas Djamaludin Kepala LAPAN, foto Istimewa

Gapura Nusantara ,- Bersiap-siaplah jika anda tertarik  untuk menyaksikan keajaiban alam yaitu keindahan langit malam hari pada tanggal 6 Agustus 2016 mendatang. Pada langit malam hari nanti akan dapat melihat jelas Galaksi Bimasakti dengan ratusan milar bintang membentang dari utara keselatan.

Fenomena alam tersebut diutarakan ahli Astronomi dan Astrofisika sekaligus Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin sebagaimana dilansir brilio.net.

Thomas Djamaludin mengimbau warga masyarakat untuk ikut serta dalam kampanye ‘Malam Langit Gelap’. Lewat akun remi Facebook miliknya sarjana lulusan Kyoto University, Jepang, ini mengajak untuk mematikan lampu selama satu jam mulai dari pukul 20.00 WIB hingga 21.00 WIB tepat pada hari Sabtu, 6 Agustus 2016 mendatang.

Dengan mematikan lampu selama satu jam tersebut, lanjut Thomas polusi cahaya akan jauh berkurang dan masyarakat dapat menyaksikan keindahan langit yang jarang terlihat di malam-malam biasa.

“Kita bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) di langit utara dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa: Vega, Deneb, dan Altair. Di langit selatan kita bisa melihat rasi Layang-layang atau Salib Selatan (Crux) yang sering digunakan sebagai penunjuk arah Selatan. Hampir di atas kepala kita dapat menyaksikan rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares,” tulis Thomas seperti dikutip dari akun Facebooknya, Selasa (2/8).

Thomas juga menuliskan ajakannya dengan “mematikan lampu luar selama satu jam, juga sekaligus mengkampanyekan hemat energi seperti Earth Hour. Pada Sabtu, 6 Agustus 2016, saat malam tanpa bulan, kita juga bisa menyaksikan planet merah Mars dan planet bercincin Saturnus bersanding dengan bintang raksasa merah Antares,” tutupnya.***TGM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *