Petugas BKSDA Garut saat melepaskan Elang di Kawasan Konservasi Elang Kamojang Garut. foto vand

Petugas BKSDA Garut saat melepaskan Elang di Kawasan Konservasi Elang Kamojang Garut. foto vand

Gapura Garut ,- Pusat Konservasi Elang Kamojang,  Kabupaten Garut, Jawa Barat, kembali melepaskan seekor Elang jenis alap-alap ke alam bebas pada Minggu (21/8/2016) sore.  Elang berjenis kelamin betina tersebut merupakan  spesies yang diserahakan warga dari kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, saat warga menyelamatkannya dari jeratan karet pohon diperkebunan dikawasan Hutan Kamojang.

Menurut Kepala Seksi Wilayah V Garut BKSDA Jawa Barat Toni Ramdhani mengatakan, sebelumnya  elang jenis alap – alap jambul yang diperkrakan berusia satu tahun itu telah menjalani perawatan dan pemulihan kandang karantina.

“Ini sebelumnya kita karantina dulu karena saat ditemukan warga elang tersebut sempat mengalami dehidrasi dan stres karena terjerat karet pohon dihutan kamojang”, Kata Toni, disela-sela pelepasan Ealng tersebut yang disaksikan ratusan warga pengunjung pusat konservasi Elang Kamojang Garut,Minggu (21/8/2016).

Toni memastikan saat pelepasan kondisi  Elang temuan warga tersebut sudah dalam kondisi sehat dan siap untuk dilepaskan kembali dialam bebas terutama diwilayah konservasi elang Hutan kamojang.

“Memang butuh penyesuaian cukup lumayan bagi  elang saat kita lepas, Ia  tidak langsung terbang malah berdiam diri di dalam kandang  meski kandangnya sudah kita buka pintunya”, Ungkapnya.

Setelah cukup lama ditunggu,  akhirnya Elang pun keluar dan terbang ke alam bebas diiringi tepuk tangan ratusan pengunjung.   Bagi BKSDA Wilayah V Kabupaten Garut,  pelepasan Elang tersebut merupakan ke 12 kalinya selama kurun waktu 2014 hingga 2016 atau dua tahun terakhir.***TGM

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com