Suasana Karang Taruna Desa Cihuni saat memperingati Tahun Baru islam 1438 H, foto Yuyus

Suasana Karang Taruna Desa Cihuni saat memperingati Tahun Baru islam 1438 H, foto Yuyus

Gapura Garut ,- Karang Taruna “Sakti” desa Cihuni kecamatan Pangatikan berdiri tanggal 13 Agustus 2016. Namun di usia yang terbilang muda tersebut, karang taruna yang dirintis oleh Atot Rijal (55 thn) dan Dian Handayani (35 thn) ini sudah mampu menggelar berbagai kegiatan setingkat kecamatan Pangatikan.

Salah satu buktinya adalah dalam peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1438 Hijryah, mereka mampu menyelenggarakan kegiatan lomba dalam peringatan tahun baru Islam. Peringatan ini dikomandoi oleh Deni Ramdani S.Pdi sebagai ketua pelaksana,

Disponsori oleh DIN’S Printing dan DIN’S Parsel acara ini sukses digelar, terbukti dengan membludaknya peserta yang mencapai 230 peserta dari ratusan Majelas Ta’lim (MT) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-kecamatan Pangatikan, mereka bertanding dalam lima kategori lomba, yaitu lomba kreasi seni yang terdiri dari Marawis, Qosidah, Nasyid dan Hadroh. Selanjutnya lomba tahfidz Al-Qur’an, Lomba Kaligrafi, Lomba Pildacil dan Lomba Cerdas Cermat.

Sona (19 thn) pengurus Madrasah Jamiul Huda Sedahurip, yang letaknya tepat dibawah gunung piramida mengatakan kalau dirinya bersama timnya sangat puas dengan kegiatan ini. Peserta terjauh ini berharap agar acara serupa secara rutin diadakan setiap tahunnya.

“Jarang sekali di kecamatan Pangatikan, organisasi sekelas karang taruna mampu menyelenggarakan acara semegah ini, salut sekali buat karang taruna Sakti, semoga mereka tetap eksis kedepannya,” ujar Sona.

Asep Babay, salah seorang juri di acara tersebut berpendapat sama dengan Sona, dirinya menyatakan kagum dengan jumlah peserta yang sangat membludak yang mencapai ratusan orang. Hal ini jarang terjadi di kecamatan Pangatikan,”Aula desa Cihuni saja sampai tidak bisa menampung jumlah peserta, ditambah lagi jumlah penonton yang juga sangat antusias untuk hadir mendukung setiap peserta.”

Erwin Winarya, salah seorang panitia dan juga anggota karang taruna SAKTI menyatakan bangga dan terharu dengan suksesnya acara tersebut. Saat ini karang taruna SAKTI diketuai oleh Firman Maulana S.Pd, Yayan S.Pdi sebagai sekretaris dan Eka Setiadi S.Pd sebagai bendahara.

Kepala desa Cihuni, Lukmanul Hakim pun menyatakan rasa kagum atas eksistensi karang taruna yang masih seumur jagung ini. Dia berharap setelah acara ini banyak lagi kegiatan positif yang bisa dilakukan agar masyarakat desa Cihuni bisa menyalurkan seluruh aspirasinya, baik untuk kegiatan seni atau kegiatan yang bersifat islami.

Sebagai wujud kepedulian pada bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. Karang taruna ini terlibat sebagai relawan di beberapa titik lokasi banjir. Mereka bahu membahu membantu korban banjir dengan turun lansung ke lokasi bencana.***Yuyus

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com