img4126-1432277429 RAGAM  BNPB Berikan Bantuan Rambu Peringatan di Gunung Papandayan

rambu peringatan

Gapura Garut ,- Badan Nasional Penanggulang Bencana (BNPB) memasangi gunung Papandayan dan kawasannya dengan rambu-rambu. Pemasangan tersebut meliputi peringatan ancaman, himbauan, hingga jalur evakuasi yang menuju ke titik kumpul yang aman saat terjadinya erupsi gunung Papandayan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, H Ade Rusyana mengatakan  jumlah rambu-rambu  yang dipasang di sekitar gunung Papandayan mencapai 150 titik.

“ Titik pemasangannya sendiri berada di tiga kecamatan yang berada di sekitar gunung Papandayan yang dianggap paling rawan dan padat penduduk. Jadi kita BPBD Garut mendapatkan bantuan dari BNPB untuk pemasangan rambu di gunung berapi Papandayan, berupa peringatan, himbauan hingga jalur evakuasi,’ Kata Ade Selasa (22/11/2016).

Pemasangan rambu-rambu tersebut diutamakan dipasang di sekitar gunung papandayan, dan sisanya untuk titik kumpul di kawasan desa-desa yang ditentukan. Rambu tersebut akan sangat bermanfaat untuk meminimalisasi jatuhnya korban dari pengunjung wisata, penduduk, hingga petani yang tengah melakukan aktifitas di gunung Papandayan.

“Pemasangannya dimulai setelah beberapa hari kemarin  BPBD Garut sebagai penerima manfaat bersama BNPB melakukan pemantauan untuk titiknya. Pemasangan rambu ini adalah bagian dari kewasapadaan dan kesiapsigaan atau upaya pencegahan jatuhnya korban, karena kondisi gunung Papandayan saat ini memang masih dalam kondisi normal,” katanya.

Sementara itu  untuk pemasangan rambu dikawasan gunung Guntur,  Ade menyebutkan sudah dipasangi dengan alokasi dari anggaran pemerintah kabupaten Garut. Namun ia memastikan jika rambu yang diberikan oleh BNPB lebih lengkap dibanding dengan yang dipasang di gunung Guntur karena jumlahnya lebih mumpuni.

“Untuk gunung Guntur memang sudah kita pasangi juga, tapi tentunya lebih lengkap rambu yang dipasang di gunung Papandayan karena alokasinya dari pemerintah pusat. Apalagi kan untuk Papandayan ini dari pembuatan sampai pemasangan dilakukan oleh dari BNPB, dan BPBD Garut sebagai penerima manfaat saja, semoga kedepannya gunung Guntur,”Tandasnya.***Margogo

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang