wp-1481245632158 RAGAM  Dinilai Sangat Peduli, Garut Raih Penghargaan Kemenkum HAM

Gapura Nusantara ,- Penghujung tahun 2016 ini Pemerintah Kabupaten Garut mendapatkan kado istimewa dengan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Azasi Manusia (HAM).

Penghargaan tersebut sebagai gambaran Kabupaten Garut yang telah kembali menorehkan prestasinya. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dan diterima secara langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan di Surabaya, Kamis (08/12/2016).

Menurut Kepala Diskominfo Kabupaten Garut Dikdik Hendrajaya melalui rilisnya menyebutkan, pemberian penghargaan tersebut merupakan bagian dari peringatan HAM ke 68 secara nasional.
“Selain Garut terdapat 228 Kabupaten dan Kota dari 34 Provinsi yang meraih pengghargaan daerah Peduli HAM’-“tulisnya.

Sementara untuk tingkat provinsi, lanjut Dikdik terdapat 10 daerah yang mendapatkan penghargaan. Sedangkan 12 kantor wilayah Kemenkumham mendapatkan penghargaan karena mendorong lebih dari 50 persen kabupaten dan kota di wilayahnya untuk menjadi daerah peduli HAM. 

“Jumlah daerah yang meraih penghargaan meningkat signifikan sebesar 70 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini menandakan kepedulian pemerintah daerah terhadap isu-isu Hak Asasi semakin besar,Ungkapnya.
Dalam acara tersebut Jawa Timur (Jatim) mendapat peringkat pertama sebagai Provinsi Peduli HAM ini karena terdapat 38 kabupaten/Kota di Jatim yang berhasil meraih penghargaan. 

Sedang untuk sembilan provinsi lainnya adalah Sumatera Utara, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Sulawesi Utara.

Menkumham Yossana H Laoli dalam sambutannya  mengatakan sangat penting bagi pemerintah termasuk pemerintah daerah untuk menjaga dan menjamin pemenuhan yang menjadi Hak-Hak mendasar masyarakat, 

“Pemerintah harus dapat memberikan pelayanan pendidikan, kesehatan dan memberikan jaminan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan,” tandasnya***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang