MG_8986-300x200 RAGAM  Lestarikan Permainan Tradisional, Kota Banjar Gelar Balap "Gedebog" Pisang

Lomba dayung gedebog pisang lestarikan permainan air tradisional, foto Hermanto

Gapura Kota  Banjar , – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Patroman Jaya Kota Banjar,  yang merupakan wadah anak muda penggiat pariwisata sukses menggelar kegiatan lomba Balap Gedebog (batang pohon pisang ) di saluran irigasi kelurahan Pataruman Kota Banjar, Minggu (15/1/2017).

Kegiatan tersebut dimaksudkan dalam rangka melestarikan keberadaan permaianan tradisional anak-anak yang ada di Kota Banjar dan kini sudah hampir punah atau jarang dilakukan.

Hadir menyemarakan kegiatan tersebut Sekda Kota Banjar, Feni Fachrudin, Kepala Disporapar, Asep Setiadi, Kepala BPBD Kota Banjar Yayan Herdiaman, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam perlombaan ini dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas remaja dan kelas dewasa. Setiap peserta yang bertanding masing-masing dua peserta, peserta wajib mendayung gedebog hingga finish dengan jarak 100 meter.

Beberapa peserta sangat antusias menyambut perlombaan ini, menurutnya lomba ini terkesan unik, karena biasanya menggunakan perahu namun ini menggunakan gedebog pisang.

“sengaja saya mengikuti lomba ini, karena unik sih, kalau menang kan lumayan hadiahnya,”Kata Anggi (16) peserta asal Langensari.

Sekda Kota Banjar, Feni Fachrudin didampingi Kadisporapar Kota Banjar, Asep Setiadi mengatakan, dirinya menyambut positif dengan adanya kegiatan ini. Menurutnya secara bertahap Kota Banjar bisa mengembangkan potensi wisatanya.

“saya bangga dengan pokdarwis, sekelompok anak muda yang mau mengembangkan destinasi wisata di Kota Banjar,”katanya.

Ia menambahkan, melalui kompetisi gedebog ini semoga event-event seperti ini dapat terus dikembangkan dan ditiru komunitas atau kelompok-kelompok muda yang lain.

“saya sangat berterima kasih kepada pokdarwis, melalui kompetisi gedebog ini sekaligus sudah mempromosikan wisata yang ada di Kota Banjar,”imbuhnya.

Sementara itu Ketua Pokdarwis, Muhammad Ubaedillah mengatakan, bahwa untuk pengembangan destinasi wisata di Kota Banjar cukup banyak, padahal menurutnya bahwa Banjar sudah dikenal dengan ragam wisata budayanya ditingkat provinsi bahkan nasional.

“ini baru langkah awal kami dari pokdarwis dalam mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di Kota Banjar,”katanya.

ia pun mengucapkan terima kasih kepada Sekda Kota Banjar, Kadisporapar, dan Kepala BPBD, Karang Taruna Kelurahan Pataruman, serta semua pihak yang telah mensuport dan membantu jalannya kegiatan kompetisi gedebog ini.

Dalam kompetisi gedebog ini sebagai jawara remaja diraih Juhad dari langensari dan jawara dewasa diraih Ojo dari Pataruman.***Hermanto

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang