wp-1485141398100 RAGAM  Hama Wereng Rusak Tanaman Padi Petani Cikembulan

Gapura Garut ,- Sejumlah petani di desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut mengeluhkan serangan Hama wereng,  yang merusak tanaman padi petani di wilayah tersebut.

Paea petani dengan terpaksa harus  buru buru memanen padinya meskipun belum waktunya di panen .

Serangan hama tersebut umumnya menyerang tanaman saat  padi memasuki usia 90 hari ,akibatnya tanaman rusak dan mengering.

Ahmad (70) salah seorang petani mengakui hasil panen kali ini menurun  dari 100 tumbak biasanya mendapat  7 atau 8 kwintal padi, saat ini ia  hanya 2 kwintal  itu pun padinya tidak sebagus yang bisa di panen .

“Jelas kami  rugi, hanya sebagian kecil yang bisa kami panen gara-gara padi diserang hama,  wereng coklat,”Kata Ahmad saat ditemui dilahan pesawahannya Senin ( 23/1/2017).

Menurutnya hama wereng coklat tersebut, cukup sulit diberantas meski para petani sudah berusaha semaksimal mungkin menayemprot dengan memberikan pestisida  pemberian dari Dinas Pertanian Garut.

“Namun tetap hamanya tidak mati tanaman padi yang terserang   pangkalnya  jadi kering dan butirnya kosong.”ungkapnya.

Terpisah PJS  Kades Desa Cikembulan  Didin Tajudin saat dikonfirmasi mengakui ada sekitar 75 hektar lahan sawah yang terserang hama wereng.

“Dari 190 hektar sawah ,yang diserang hama wereng coklat sekitar 75 hektar. Kami sudah melaporkan ke Dinas pertanian Kabupaten Garut,”ujarnya.

Adanya hama wereng lanjut Didin diduga akibat selama ini  cuaca tidak menentu sehingga membuat padi petani diserang hama wereng.

“Selama ini  di Desa Cikembulan baru terjadi musim ini sawah petani diserang hama wereng,”tandasnya.***Kuskus,Markuseu

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang