wp-1486351421282 RAGAM  Pergantian Nama Kabupaten Ciamis Menjadi Galuh Terus Menguat

Gapura Ciamis ,- Deklarasi Kabuyutan Galuh sebagai cikal bakal nama Kabupaten Ciamis digelar di situs peninggalan Kerajaan Galuh Jamban sari Ciamis, Minggu (5/2/2017).

Ratusan orang yang merupakan perwakilan dari berberapa kabuyutan dilingkup situs peninggalan kerajaan Galuh  tersebut berkumpul dikawasan situs Jambansari.

Acara tersebut bertujuan silaturahmi untuk mewujudkan “Galuh ngahiji ,Galuh Ngabeungkeut, dan Galuh Ngawujud”.

Pada silaturahmi yang kedua  atau tahap Galuh Ngabeungkeut, lebih kepada merangkum pendapat dari hampir semua peserta yang hadir,  Sehubungan dengan mencuatnta  wacana penggantian nama kabupaten Ciamis, menjadi kabupaten Galuh.

“Setelah adanya kesepakatan acara kita lanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama yang dilakukan oleh setiap perwakilan dari satu kabuyutan,”Kata Rd. H.R.Hanif Radinal salah satu penggiat tokoh penggagas kegiatan tersebut.

Menurutnya nama Kabupaten Ciamis menjadi kabupaten Galuh sebenarnya bukan penggatian, tetapi lebih tepatnya adalah dikembalikan keasalnya karena dalam catatan sejarahnya nama kabupaten Ciamis dulunya bernama kabupaten Galuh. 

“acara kita ini sudah pada beberapa tahap pertama Galuh Ngahiji yang dilasanakan beberapa bulan lalu dan sekarang yang kedua Galuh Ngabeungkeut, untuk selanjutnya akan dilaksanakan acara ketiga yaitu Galuh Ngawujud namun belum ditentukan pelaksanaany kapan,”ungkapnya.

Ia menambahkan rencananya acara ketiga yaitu Galuh Ngawujud diharapkan segera dilaksanakan menunggu persyaratan yang sedang diajukan kepada pihak pemerintah dan dinas terkait.

“Mudah mudahan sesegera mungkin menunggu persyaratan dari pihak pemerintah,”pungkasnya.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang