wp-1488102807935 RAGAM  Seribu Bonsai Se Indonesia Meriahkan Kontes HUT Kota Banjar Ke 14


Gapura Kota Banjar , – Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) di berbagai daerah semakin bergairah dengan berbagai event.

Seperti yang dilakukan PPBI Kota Banjar, yang sukses menggelar event kontes Bonsai bertaraf nasional di areal parkir Banjar Waterpark Kota Banjar.

Kontes bertema Gemilang Bonsai Patroman ini berlangsung dari Selasa (21/2/2017) dan berakhir Minggu 26/2/2017. 

Peserta yang hadir dalam kontes ini yakni dari berbagai kota/kabupaten, seperti Sumenep, Madura Jawa Timur, Tulungagung, Surabaya, Yogyakarta, Wonosobo, Purwokerto, Cilacap, Bnadung, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Cirebon, Bandung, Bekasi, Karawang, Tangerang, serta kota maupun kabupaten lainnya.

Kegiatan dalam kontes ini dibagi menjadi 3 kelas, yakni kelas tingjat Prospek (bakalan), Regional, dan Madya. Selain kontes, juga ada bursa bonsai, pelatihan pembuat bonsai, dan tanaman hias lainnya. Bonsai tersebut diantaranya ada pohon Asem, Lohansung, Soka, dan lain-lain.

Ketua PPBI Kota Banjar, Nana Suryana mengatakan bahwa kontes Bonsai atau pameran nasional (pamnas) ini dihadiri oleh 18 Kota dan Kabupaten termasuk para ketua PPBI dari daerah-daerah tersebut pun ikut hadir dalam kegiatan ini.

“Alhamdulillah yang hadir cukup banyak, hal ini untuk meningkatkan sportifitas dalam bersaing, menghargai setiap perbedaan, dan pada inrinya dapat menjalin tali silaturahmi sesama penggemar bonsai se tanah air ” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa dirinya sangat merasa bangga, karena mendapat suport yang luar biasa dari ketua PPBI pusat, Saptono Darsono atas suksesnya kegiatan kontes Bonsai ini. PPBI pusat akan memberikan sebuah cendera mata berupa pohon langka di dunia jenis Pushu Taiwan untuk dibudidayakan di Kota BanjarBanjar.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada ketua pusat, ini merupakan suatu penghargaan yang luar biasa bagi kami, dan pemberiannya akan diberikan secara simbolis oleh wakil PPBI pusat, Pak Darius besok,” imbuhnya.

Masih kata Nana, arti dan makna dari bonsai sendiri adalah selain meningkatkan kreativitas seni juga bisa mendidik para seniman bonsai untuk bisa menghargai sebuah proses.

“Artinya di bonsai ada pendidikan ketekunan, ketelitian, kesabaran, serta pengembangan imajinasi yang kuat,” katanya.

Dalam bonsai sendiri pun bisa meningkatkan ekonomi, karena menurutnya dalam kontes seperti ini antara pendongkel, penjual dan kolektor semuanya kumpul hingga akhirnya terjadi transaksi.

“Di sini pasti semua berkumpul baik pendongkel, penjual, maupun kolektor yang notabene pengusaha, dengan adanya kolektor atau pengusaha semoga ada niatan untuj berinvestasi di Banjar,” pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang