P_20170321_115630-300x169 RAGAM  LSM Peduli Lingkungan Dan Sahabat Rustandie Bersih-bersih Sungai

Sejumlah penggiat kepedulian lingkungan sedang melakukan bersih-bersih sungai, foto Alex

Gapura Purwakarta ,- Menyambut Hari Air Sedunia yang jatuh pada Tanggal 22 Maret 2017, Lembaga Swadaya Masyarakat PENJARA aktivis penggiat peduli lingkungan, Bersama Aliansi Sahabat Rustandie, menggelar aksi kepedulian lingkungan, dengan membersihkan sampah sampah di bantaran aliran sungai Cimunjul sepanjang 4 kilometer, di Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, Selasa  (21/03/17).

Kurangnya kepedulian lingkungan, khususnya di bantaran aliran sungai Cimunjul, Di Kelurahan Nagri Kidul Kecamatan Purwakarta ini mengakibatkan tumpukan sampah terlihat di sejumlah titik.

Kondisi tersebut menggugah Lembaga Swadaya Masyarakat penggiat peduli lingkungan,  bersama Aliansi Sahabat Rustandie, yang langsung menggelar aksi bersih bersih sampah tersebut.

Mereka menyusuri ruas bantaran aliran sungai Cimunjul sepanjang 4 KM sambil memunguti sampah dan membersihkan saluran air yang tersumbat oleh tumpukan sampah tersebut.

Dian Nugraha selaku koordinator Aliansi Sahabat Rustandie menjelaskan, aksi bersih bersih sampah di aliran sungai tersebut dilakukan pihaknya bersama LSM PENJARA yang selama ini fokus terhadap kepedulian lingkungan.

“Hari Air Sedunia menjadi momentum sangat tepat untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan air di aliran sungai. Apalagi air bersih di perkotaan sangat dibutuhkan sekali” Kata Dian.

Menurut Dian selama ini di sepanjang aliran sungai Cimunjul, dari hulu hingga hilir, sedikitnya terdapat 92 industri rumahan yang bergerak di bidang usaha ayam potong, Pembuatan tahu dan tempe.

“Keberadaan industri tersebut membuat sungai menjadi kotor karena  limbahnya di buang langsung ke aliran sungai sehingga mencemari kualitas air. Ini  mengancam kelestarian ekosistem di sepanjang aliran sungai Cimunjul,”Ungkapnya.

Dian mengajak seluruh elemen warga di Kabupaten Purwakarta untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampai kesungai dan lingkungan lainnya.***Alex

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang