RAGAM

Sabet Juara II Festival Musik Kreasi Nasional, SMK 2 Banjar Kereen..!!

berpoto bersama usai menerima thropy juara dua festival Musik Kreasi Nasional, foto Hermanto

Gapura Cirebon , – Kelompok musik etnik kolaburasi asal Kota Banjar, Jawa Barat Ensemble Technique berhasil menyabet gelar juara dua pada Festival Musik Kreasi Nasional di Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (31/3/2017).

Gelaran dalam rangka Hari Jadi Batik Trusmi Group ini diikuti oleh 120 grup band etnik dari berbagai Kota maupun kabupaten se Indonesia seperti Bandung, Cianjur, Kebumen, Indramayu, Bekasi, Jakarta, Cilacap, Tegal, dan sejumlah grup band lain yang datang dari luar pulau jawa.

Indra Hermansyah selaku pembina dari grup band etnik Ensemble Technique mengatakan, bahwa dirinya tidak menyangka bakal menjadi juara dalam ajang festival musik kreasi tersebut.

“Meski menjadi juara kedua, namun saya bangga dengan kerja keras anak-anak karena mereka telah menempuh proses yang sangat hebat, karena menurut saya proses tidak akan menghianati hasil,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Agus Suroso, pembina Ensemble Technique lainnya. Menurutnya dari awal ia sudah percaya bahwa asuhannya tersebut mampu bersaing dengan peserta lain, meski peserta yang lain tampil sangat bagus-bagus.

“Pesertanya bagus-bagus, namun saya yakin dan penuh percaya diri bahwa anak-anak bisa bersaing dengan peserta yang lain,” katanya.

Sementara itu, Arif Ramadhan selaku produser musik sekaligus juri dalam ajang tersebut mengaku kaget dengan penampilan dari grup band etnik dari Kota Banjar tersebut. Menurutnya, band etnik asal Kota Banjar ini layak masuk juara karena dalam pengemasan musiknya sangat unik.

“Semua peserta tampil bagus, namun saya salut dengan grup Band (Esemble Tecnique) asal Kota Banjar ini, mereka cerdas dalam memainkan musik etnik, dalam iramanya terdengar sentuhan irama jass, jaipong, dangdut, blues, dan musik tradisional, sehingga perpaduan iramanya sangat unik,” terangnya.

Ia pun mengaku bingung saat mengambil keputusan juara satu, karena antara grup band etnik Jawara (Bandung) dengan Esemble Technique (Banjar) hanya beda tipis scor.

“Saya hampir bingung menentukan juara, namun meski juara ke dua, saya ucapkan selamat untuk Ensemble Technique dari Kota Banjar,” tuturnya.

Dalam gelaran festival tersebut juara satu berhasil diraih Jawara (Bandung), Ensemble Technique (Kota Banjar) sebagai juara kedua, dan juara tiga diraih Percusion Etnik (Cirebon).

Ketiga grup band yang meraih juara satu, dua, dan tiga tersebut masing-masing meraih Piala Kementerian Pariwisata dan uang pembinaan.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *