IMG-20170412-WA0013-300x225 RAGAM  Bermain Simulasi Excavator di Taman Kota Banjar Karya Taopik Mantan Buruh Proyek

Ini penampakan simulator excavator karya Taopik warga Ciamis, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , –  Salah seorang warga bernama Taopik (37) warga Dusun Kaler RT 3/1, Desa Cijengjing, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat  sukses  menggagas dan membuat permainan simulasi excavator.

Permainan simulasi tersebut diciptakan Taopik  berdasarkan pada pengalamannya saat menjadi seorang buruh di sebuah proyek. Kemudian ia mengaku sering mencermati bagaimana cara pengoperasian alat berat berupa Excavator itu.

Taopik menuturkan awal ceritanya pada awal tahun 2017, ia mencoba membuat miniatur Excavator dari triplek dan kayu. Kemudian ia pun membuat alat kemudinya yakni sebuah kotak kayu lengkap dengan dua tuas kemudi mirip aslinya.

“Saya mempunyai inspirasi seperti ini saat bekerja di sebuah proyek, dan saya mencermati bagaimana cara mengemudikan alat berat Excavator. Kemudian saya pun mencoba membuat miniaturnya lengkap dengan tuas kemudinya, sehingga saat dioperasikan seolah-olah pengguna sedang mengemudikan Excavator aslinya,” Kata Taopik ditemui di Taman Kota baru-baru ini.

Menurutnya dalam permainan miniatur Excavator ini, terdapat dua tuas yang berfungsi sebagai kemudi dan fungsinya sama dengan kemudi Excavator aslinya. Tuas sebelah kanan ada empat fungsi. Fungsinya adalah untuk turunkan alat pengeruk Excavator, kemudian untuk membuka, menutup, dan menarik. Sedangkan tuas kiri sebagai penggerak Depan, Kanan, Kiri. dan Belakang.

“Alat kemudi ini mirip dengan yang aslinya, tujuannya selain hiburan permainan, saya pun ingin berbagi ilmu bagaimana cara mengemudikan Excavator,” terangnya.

Hasil karyanya tersebut membuat para pengunjung Taman Kota kagum. Sehingga banyak pengunjung terutama anak-anak ingin mencoba berpetualang mengemudikan Excavator tersebut meski dalam bentuk simulator.

Seperti dikatakan Yayan Haryanto (34) salah satu pengunjung Tamkot. Menurutnya permainan simulator ini sangat bagus, terutama bagi mereka yang ingin mengetahui bagaimana cara mengemudikan Excavator. Karena meski hanya simulator, namun cara mengemudikannya mirip sekali dengan yang aslinya.

“Karya yang luar biasa, selain untuk hiburan permainan, simulator ini pun bisa juga sebagai sarana edukasi,” katanya.

Hal yang sama dikatakan pengunjung lainnya, Dikky (38). Menurutnya bukan hanya anak kecil saja yang menggunakan simulator tersebut. Melainkan orang dewasa pun merasa penasaran dan ikut pula mencoba dalam permainan tersebut.

“Tidak hanya anak-anak, tapi saking penasarannya orang dewasa pun ikut-ikutan bermain simulator ini,” terangnya.

Simulator hasil karya Taopik ini baru ada tiga unit. Nah bagi anak-anak maupun orang dewasa yang mau mencoba permainan miniatur simulator Excavator ini tinggal datang saja ke Taman Kota dari jam 7-10 malam. tarifnya pun murah hanya Rp 5000/20 menit.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang