IMG20170430133135-300x225 RAGAM  BUMDes Harus Jadi Penopang Gerak Ekonomi Pedesaan

Ilustrasi foto istimewa

Gapura Garut ,- Pengamat dan penggiat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) H. Tika Rudiana menilai kehadiran BUMDes disejumlah Desa diseluruh Indonesia akan menjadi bagian penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan dalam ruang lingkup Kerja BUMDes tesebut.

“Geliatnya sangat positif dan ini akan membangkitkan ekonomi pedesaan secara serentak ketika BUMDes diberdayakan dengan baik dan benar,” Kata Tika saat ditemui di Villa Buleud Garut, Minggu (30/4/2017).

Menurutnya, sudah saatnya ekonomi pedesaan kembali bangkit dengan kekuatan BUMDes yang kini mulai bergeliat seiring dengan regulasi yang dikeluarkan pemerintah dalam memayungi dan memagari gerak dan langkah BUMDes tersebut.

“Ini model baru roda penggerak bisnis pedesaan yang akan mampu mengejar ketertinggalan dalam sisi inovasi dan kreatifitas dalam mendongkrak potensi eknomi desa yang dimiliki masing-masing lokasi,”Ungkapnya.

Tika optimis kehadiran BUMDes ketika diperhatikan lebih seksama serta terus disuport pemerintah dalam hal kemampuan manajerial, akases permodalan serta dorongan kemandiriannya akan dapat melahirkan model-model baru lembaga yang mampu menggerakan roda perekonomian warga pedesaan.

“Desa ini adalah sumber berbagai potensi dasar kebutuhan warga masyarakat, hampir semua kebutuhan warga berbahan dasar atau berbahan baku yang bersumber dari potensi Desa-desa yang ada sehingga sudah saatnya itu seua dikelola secara profesional melalui pemberdayaan BUMDes itu sendiri,”Tukasnya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang