RAGAM

Komunitas Apache Banjar Juga Gelar Upacara HUT RI Ke 72


Gapura Kota Banjar – Biasanya pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI dilakukan oleh lembaga pemerintah atau sekolah. Namun, Di Kota Banjar ada salah satu Komunitas yang melakukan upacara HUT RI secara mandiri dengan warga setempat.
Komunitas itu adalah Komunitas Apache di Lingkung Wargamulya, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, Jawa Barat.

Komunitas Apache bersama warga setempat melaksanakan Upacara HUT RI yang Ke 72 di Lapangan Salah satu Sekolah Dasar di lingkungan Wargamulya tersebut.

Bagi Komunitas Apache, dalam memperingati dan semangat mengisi kemerdekaan itu merupakan suatu kewajiban. Untuk itu, sebagai bentuk rasa cinta tanah air Indonesia, Komunitas Apache melaksanakan upacara HUT RI yang ke 72, Rabu (17/8/2017).

“Kami dari kepolisian sangat mengapresiasi terhadap komunitas Apache dan masyarakat Wargamulya yang telah melaksanakan upacara bendera dalam rangka HUT RI ini secara mandiri, dan ini merupakan salah satu bentuk semangat pemuda dalam mengisi kemerdekaan,” ujar Kapolsek Purwaharja, AKP Kasan Bisri kepada HR usai pelaksanaan upacara.

Lebih unik lagi, petugas dan peserta upacara seluruhnya dari komunitas Apache atau masyarakat Wargamulya, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan hingga kakek nenek tumplek ruah mengikuti upacara dengan hikmat.

Dari para petugas upacara tidak ada dari instansi pemerintahan maupun aparat, mereka semua warga sipil yang kesehariannya sebagai buruh, abang becak, tukang ojek, dan wiraswasta.

Salah satu tokoh Apache, Lukas mengatakan bahwa inisiatif melaksanakan upacara bendera ini adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, terutama dalam hal ini kepada para pemuda.

“Ini untuk yang pertama kalinya, dan warga pun menyambut antusias. Kegiatan seperti ini akan kami jadikan sebagai agenda tahunan,” kata Lukas.

Usai upacara, Komunitas Apache pun menggelar berbagai perlombaan-perlombaan khas 17an, seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, dan berbagai perlombaan lainnya. Pada malam harinya, Komunitas Apache juga akan menggelar hiburan berupa panggung musik Rock sebagai salah satu ciri khas Komutersebut.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *