IMG-20170823-WA0116 RAGAM  Hebohnya Warga Karangsari Gelar "Ngubyag Situ Pacor

Gapura Kota Banjar , – Ratusan warga Dusun karangsari blok Pacor  RW 4, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Selasa (22/8/2017) menggelar acara “Ngubyag Situ Pacor”. Selain dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 72, kegiatan ini pun ubtuk menjalin kebersamaan antar warga.

Kegiatan yang dihadiri Camat Pataruman, Dasuki dan Kepala Desa Batulawang, Ani Sumarna ini berlangsung meriah. Dalam kegiatan tersebut, panitia menabur ikan sebanyak 2 kuintal dari berbagai jenis seperti ikan Mas, Mujair, Tawes, Tambak, dan Lele.

Tidak ada batasan usia dalam kegiatan ini, baik anak-anak maupun orang dewasa berbondong-bondong mengikuti acara tradisi ini dengan cara menceburkan diri ke dalam Situ untuk menangkap ikan dengan tangan kosong.
” Kegaiatannya rame banget, alhamdulillah saya dapat ikan sebanyak kurang lebih enam kilogram,” ujar Cici (46) salah satu warga.
Ketua panitia acara, Yadi (35) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tradisi warga Karangsari pada saat hari-hari besar. Menurutnya, biasanya acara tersebut digelar di kolam namun kini digelar di sebuah Situ (telaga).
“Karena saat ini musim kemarau sehingga kolam-kolam ikan menjadi kering, namun di Situ Pacor airnya masih ada, sehingga acara ini kami gelar di Situ tersebut,” ujarnya kegiatan.
Kepala Desa Batulawang, Ani Sumarna mengaku gembira dengan adanya acara ini. Menurutnya ini merupakan bentuk rasa syukur dalam menyambut HUT RI yang ke 72 dan juga sebagai wujud melestarikan budaya kearifan lokal.
“Ini merupakan bentuk rasa syukur dalam memperingati HUT RI yang ke 72, serta untuk melestarikan budaya,” katanya.
Sementara itu, Camat Pataruman, Dasuki mengatakan bahwa dalam kegiatan ini tidak ada sekat antara peserta. Seluruh warga atau peserta baik anak-anak maupun orang dewasa, baik aparat desa maupun kecamatan, semuanya berbaur manyatu dan focus menangkap ikan.
“Semuanya gembira saat menangkap ikan dan tidak ada sekat, kami bersama-sama dengan masyarakat tanpa ada batasan berbaur menangkap ikan,” tuturnya.

Ia berharap, dengan kegiatan ini masyarakat khususnya warga Karangsari selalu kompak dan mengedepankan silaturahmi dan kekeluargaan.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang