IMG-20180127-WA0007 RAGAM  Nana Suryana Buka Lomba Ketangkasan Burung Merpati Walikota Cup

Gapura Kota Banjar – Ratusan pencinta burung merpati se Kota Banjar, pagi tadi menggelar lomba ketangkasan merpati tinggi di areal bekas rumah makan Karya Ayu, lingkungan Katapang, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Sabtu (27/1/2018). 

Lomba ajang Walikota Cup tersebut sekaligus dalam rangka menyambut HUT Kota Banjar yang ke 15.
Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua DPRD Kota Banjar sekaligus calon Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana membuka kegiatan tersebut. Tak ketinggalan, lomba ketangkasan burung merpati tinggi ini pun dihadiri sesepuh Kota Banjar, Herman Sutrisno. Tidak hanya itu, Nana dan Herman pun sempat menjajal ketangkasan burung merpati tinggi itu.

Nana Suryana mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan positif itu, sekaligus bisa sebagai wadah untuk menyalurkan para pehobi burung merpati dalam lomba ketangkasan burung merpati tersebut.

“Saya sangat apresiasi, di sisi lain bisa menyalurkan untuk hobi, dan disisi lain bisa mendongkrak ekonomi,” ujarnya.

Ia menambahkan, bukan tidak mungkin merpati-merpati hasil dari budidaya di Kota Banjar banyak diminati oleh para pecinta burung merpati dari daerah lain. Bahkan diantaranya ada yang pernah terjual hingga 30 juta rupiah, dan itu menurutnya asli dari Kota Banjar.

“Pernah ada sepasang merpati yang terjual hingga Rp 30 juta oleh orang Bandung, dan dalam lomba di Bandung, merpati yang dibeli dari salah satu pecinta burung di Kota Banjar selalu menang di Bandung,” imbuhnya.

Nana berharap, dengan adanya perlombaan ketangkasan burung merpati tinggi ini pun sekaligus mengajak kepada para pehobi burung merpati untuk bisa bergabung dalam paguyuban merpati yang ada di Kota Banjar.

Menurutnya, hal ini pun menjadi salah satu wujud untuk melestarikan, dan membudidayakan merpati karena selain menjadi hobi juga bisa mendongkrak dari sisi pariwisata dan ekonomi.

“Kegiatan lomba ini pun dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi bagi sesama pecinta burung merpati. Selain itu juga menjadikan lomba ini sebagai ajang pariwisata Kota Banjar,” katanya.

Sementara itu, ketua penyelenggara kegiatan, Imam mengatakan bahwa setiap tahun event ini selalu digelar dan selalu banjir peserta.

“Alhamdulillah, setiap ada event seperti ini pesertanya selalu membludak,” katanya.

Imam menambahkan,  bahwa dalam perlombaan ini, panitia menyiapkan hadiah utama berupa piala bergilir Walikota Banjar, sertifikat atau piagam, trofi, dan uang pembinaan,” terangnya.

Dalam perlombaan ini, kategori yang dilombakan adalah kelas reguler untuk umum, dan juga kelas bintang khusus merpati yang sudah sering ikut lomba. 

“Ada dua kelas yang dilombakan, dan aturannya merpati harus masuk di dalam area garis pembatas yang telah ditentukan dan turun di meja (patek) yang sudah disediakan pihak panitia, jika tidak maka peserta dianggap gugur,” pungkas Imam.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang