img-20180218-wa00141064074530 RAGAM  Koramil 0901 Lembang Sosialisasi Citarum Harum, Dirikan Bank Sampah

Gapura Bandung, – Keberhasilan Citarum harum tergantung dari peran aktif semua komponen warga masyarakat terutama yang berada di aliran sungai dari hulu sampai hilir.

Dalam upaya penyadaran terkait program Citarum Harum, jajaran Koramil 0901 Lembang Kabupaten Bandung Barat menggelar kegiatan sosialisasi Citarum Harum dengan menghadirkan sejumlah komponen warga.

Bertempat di Aula Kantor Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Kegiatan Sosialisasi Citarum Harum ditandai dengan Penghijauan serta penanganan Sampah dan Pembuatan Bank Sampah Wilayah Kecamatan Lembang.

Sekitar 60 orang warga yang diprakarsai oleh Kapten Arm Pendi selaku Danramil 0901/Lembang menyepakati bahwa dampak yang akan ditimbulkan akibat sungai Citarum yang tercemar sangatlah besar terutama bagi anak cucu generasi mendatang.

“kami menanamkan pemahaman kepada masyarakat untuk gemar menanam dan memelihara pohon disekitar lahan sayuran, dan menyedikan ruang untuk penanaman pohon kerasnya,”katan Danramil Lembang Kapten Arm Pendi disela sela kegiatan tersebut, Jumat (16/2/2018).

Ia meyakinkan warga bahwa upaya penanaman pohon untuk menahan sedementasi tanah.

“warga juga kami himbau untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi karena kami Koramil Lembang sudah mendirikan Bank Sampah yang siap membantu masyarakat agar sampah non organik bisa bermanfaat sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat sekitar, “ungkapnya.

Pendi berharap sampah bisa disulap menjadi berkah bukan musibah, misalnya sampah organiknya akan diolah dijadikan kompos buat pupuk tanaman.

Danramil juga mengingatkan agar masyarakat tidak membuang limbah sembarangan di wilayah Lembang dikarenakan banyak yang berternak sapi.

” ini juga bisa menjadi pencemaran lingkungan apabila dibuang ke sungai akan mencemari lingkungan sekitar, akan tetapi kalau dikelola secara baik sampsh bisa menjadi pupuk dan kompos yang akan menambah penghasilan para Petani.”tukasnya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang