haji-geyot-300x225 INFO RAMADHAN  Haji Geyot, Icon Ramadhan Alun-alun Kota Banjar di Istirahatkan

Gapura Kota Banjar ,- Sebagian besar warga Kota Banjar, Jawa Barat, mengakui ada yang hilang dari suasana alun-alun kota banjar yang biasanya menjadi pemamdangan menarik dijantung kota tersebut.

Hilangnya Icon, bulan Ramadhan di alun-alun kota Banjar ini seiring dengan tidak dipasangnya lagi Boneka Haji Geyot, yang biasanya menjadi pemandangan menarik dan menjadi penghias ditempat umum tersebut.

Haji Geyot, adalah sebuah boneka berukuran besar yang menyerupai  sosok pria bertubuh gemuk, dengan wajah  berkumis memakai peci dan sorban sedang menabuh bedug besar.

“Sekarang jadi kurang meriah  di alun alun ini, biasanya ada Boneka Haji Geyot sekarang memang enggak dipasang lagi kayaknya”. Kata Dede salah seorang warga yang tinggal disekitar alun-alun Kota Banjar baru-baru ini.

Menurut Dede banyak yang merasa kehilangan dan bertanya-tanya terutama anak-anak yang biasanya senang bermain-main disekitar lokasi boneka tersebut sambil “ngabuburit”.  “saya enggak tau kenapa enggak dipasang lagi mungkin sudah rusak atau gimana gak tau tuh”. ungkapnya.

Keberadaan Boneka Haji Geyot tersebut memang tahun ini tidak akan dapat dijumpai lagi di alun-laun kota Banjar karena sosok boneka besar tersebut bangkainya teronggok di salah satu sudut dibawah pohon halaman kantor Walikota Banjar.

Kondisinya pun sagat  mengenaskan, pakaiannya lusuh, demikian pula dengan kopiah yang menjadi ciri khasnya juga sudah raib entah kemana.

Wakil Walikota Banjar Darmaji Prawirasetya saat dimintai tanggapannya  mengatakan sosok Haji Geyot tersebut memang sengaja tidak dipasang,  lantaran sudah rusak. “kalupun dipaksakan  dipasang nanti malah  semakin merusak pemandangan alun-alun kota Banjar”. ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya sedang mempersiapkan untuk penggantinya dengan yang baru, karena biaya perbaikan nilainya sama dengan memesan atau membuat boneka yang baru.”Mohon bersabar untuk warga kota yang merasa kehilangan,  itung-itung istirahat dulu kan sudah tua Haji Geyotnya”. Ujarnya dengan nada berkelakar.

Wakil Walikota juga berharap pada Ramadhan, tahun-tahun beriktnya sosok Haji Geyot yang sudah bertahun-tahun menjadi icon bulan Ramadhan kota Banjar dapat segera dipasang kembali dengan kondisi yang baru dan fresh.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang